Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sani Optimis Bank Kepri Terbentuk Tahun Ini
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 23-01-2014 | 20:22 WIB
HM.Sani_Usai_Sidang_Paripurna_DPRD(1).JPG Honda-Batam
Gubernur Kepri, HM Sani.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), HM Sani, mengaku optimis Bank Kepri bisa berdiri pada tahun ini. 

"Kita optimis, 2014 ini sudah dapat gambaran dan dapat dibentuk," ujar Sani, usai melantik dan mengukuhkan pengurus badan pengawas dan direksi Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDBD) KUMKM Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Kamis (23/1/2014).

Sani menyatakan telah menerima naskah kajian akademik tentang pembentukan bank itu, yang selanjutnya akan dibahas dengan DPRD Kepri.

"Secara lisan saya tadi sudah bicara dengan unsur pimpinan DPRD Kepri. Naskah kajiaan akademiknya juga baru kita terima dan akan kita pelajari dahulu, lalu kita bahas dan bicarakan dengan DPRD Kepri," ujar Sani. 

Setelah membahas dengan DPRD Kepri, rencana pembentukan Bank Kepri ini selanjutnya akan dibahas dan dibicarakan dengan bupati dan wali kota se-Kepri.

Sani menegaskan, dalam pembentukan Bank Kepri itu belum mengarah kepada proses akuisisi sejumlah bank. Karena menurutnya, yang perlu digesa adalah masalah aturan pendirian. "Belum ke tingkat itu (akuisisi, red) tetapi tingkat aturan pendiriannya dahulu," ujarnya.

Namun sebagai modal awal, Sani mengaku nantinya tergantung dari jumlah bank yang akan ikut diakuisisi. Hanya saja, dia berharap pemerintah kabupaten/kota di Kepri dapat ikut menanamkan sahamnya ke Bank Kepri.

Saham pemerintah kabupaten/kota yang saat ini ada di Bank Riau - Kepri apakah nantinya akan ditarik ke Bank Kepri, menurut Sani hal itu tergantung kesepakatan direksi dan pemegang saham.

"Kita lihat nanti. Kalau memungkinkan dapat juga tidak ditarik sehingga di Bank Riau - Kepri dan Bank Kepri kita juga dapat deviden. Jadi, 'ceki dua nokang'," ujar Sani.      

Diberitakan sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah merekomendasikan empat bank umum yang berpotensi untuk diakuisisi untuk menjadi Bank Kepri. (*)

Editor: Roelan