Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembentukan Bank Kepri, BI Rekomendasikan Empat Bank Umum ke DPR
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 22-01-2014 | 14:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Indonesia (BI) telah merekomendasikan empat bank umum yang berpotensi untuk diakuisisi menjadi Bank Kepri.

"Ada empat bank umum yang direkomendasi BI ke Komisi XI," ujar Harry Azhar Azis, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Rabu (22/1/2014).

Dijelaskannya, keempat bank umum yang bisa diakuisisi dengan nilai Rp200 miliar sampai dengan Rp500 miliar. Bank tersebut kondisinya saat ini sedang menunggu investor baru sehingga sangat potensial untuk diakuisisi menjadi Bank Kepri seperti rencana Gubernur Kepri Muhammad Sani.

"Namun untuk diakuisisi, harus seizin OJK dan bukan Bank Indonesia lagi," kata Harry tanpa mau menyebut keempat nama bank tersebut dengan alasan dapat mengganggu rencana akuisisi dan stabilitas bank itu sendiri.

Saat ini, lanjut Harry, dia memperkirakan masih ada 60 bank umum yang berpotensi diakuisisi menjadi Bank Kepri dengan nilai di bawah Rp1 triliun. Tapi untuk sementara ini BI baru merekomendasikan keempat bank tersebut.

Untuk mewujudkan rencana akuisisi ini, Pemerintah Provinsi Kepri, kabupaten maupun kota disarankan bersedia menganggarkan di APBD maupun APBD perubahan.

"Kalau kabupaten/kota mau, Rp50 miliar per tahun pertama di APBDP, bisa dilakukan akuisisi tahun depan," ungkap politisi asal Kepri tersebut.

Editor: Dodo