Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jogja Hip-Hop Foundation akan Tampil Eksklusif di New York City
Oleh : Dodo
Senin | 09-05-2011 | 13:08 WIB
Jogja-Hip-Hop-Foundation.jpg Honda-Batam

PKP Developer

JHF - Jogja Hip-hop Foundation (JHF) akan tampil eksklusif di New York pada 14 Mei 2011 mendatang. (Foto: Istimewa)

Jakarta, batamtoday - Kelompok hip-hop otentik kebanggaan kota Yogyakarta, Jogja Hip-Hop Foundation dikabarkan akan tampil eksklusif di New York, AS pada hari Sabtu, 14 Mei mendatang.

Penampilan Jogja Hip-Hop Foundation di ibukota rap dan hip-hop dunia ini guna memenuhi undangan Asia Society, sebuah LSM bergengsi yang bertujuan untuk mengedukasi dunia tentang Asia dan segala macam kebudayaannya. Asia Society ini selain di AS juga hadir di Hong Kong, Manila, Mumbai, Seoul dan Shanghai.

Rolling Stone Indonesia melaporkan, Jogja Hip-Hop Foundation akan tampil di gedung Asia Society Center yang terletak di 725 Park Avenue, New York, AS. Selain manggung mereka juga akan memutar film dokumenter yang banyak menerima pujian, Hiphopdiningrat sekaligus menggelar kuliah umum mengenai gerakan hip-hop Jawa yang mereka pelopori tersebut.

Penampilan perdana Jogja Hip-Hop Foundation di New York ini sebenarnya telah dua kali tertunda karena berbagai kendala teknis. Awalnya mereka dijadwalkan tampil Desember 2010 silam lalu diundur ke Januari 2011 dan akhirnya 14 Mei mendatang.

Sayangnya, kedatangan Java Hip-Hop Foundation kali ini tidak dengan kekuatan penuh karena salah seorang anggota mereka, Lukman Hakim alias Radjapati urung berangkat karena tidak berhasil mendapatkan visa AS. Mereka sendiri nantinya akan diperkuat oleh seorang pesinden bernama Soimah Pancawati dan DJ Vanda.

Jogja Hip-Hop Foundation merupakan kelompok hip-hop yang telah terbentuk hampir satu dasawarsa yang lalu dengan bersenjatakan lirik rap berbahasa Jawa serta rhythm tradisional Jawa. Gerakan ini digagas oleh Marzuki Mohammad alias Kill The DJ yang bersama kawan-kawannya telah mengibarkan bendera hip-hop Jawa ini ke berbagai negara di dunia.

“Kami tidak pernah punya tendensi kontemporer, Java Hip Hop adalah kejujuran, selamanya akan seperti itu. Tapi jika apa yang kami kerjakan dianggap seni, itu hak mereka,” jelas Kill the DJ.

Dua video klip Jogja Hip-Hop Foundation yang sempat dibicarakan orang banyak dan menjadi favorit adalah, “Cicak Nguntal Boyo” yang dengan jenaka menjadi media protes sosial tentang kasus KPK versus Polri beberapa waktu lalu.

Sementara video “Jogja Istimewa” menjadi single pertama dari album kompilasi berjudul sama yang kebetulan rilis hampir berbarengan dengan kontroversi monarki melawan demokrasi antara Presiden Yudhoyono dengan Sri Sultan HB X beberapa waktu lalu.