Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Kota Tanjungpinang Akui Belum Ada Solusi Bantu Guru Swasta
Oleh : Habibi
Kamis | 09-01-2014 | 21:38 WIB
lis_darmansyah-2.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengaku belum memiliki solusi untuk menyelesaikan permasalahan insentif guru swasta yang terpaksa dicoret karena menjadi temuan Badan Pengawasan Keuangan (BPK).

Menurut dia, hal itu bukanlah kemauan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, melainkan BPK telah menyampaikan surat tertulis tentang salahnya memberikan hibah bansos ke pihak swasta meskipun bergerak di bidang pendidikan. 

"Kita belum punya solusi mengenai hal ini. Tapi saya sudah memberi mandat dan mendesak kepada kepala dinas pendidikan, kepala DPKAD dan inspektorat untuk mencarikan jalan keluar tentang insentif ini. Karena susah juga kalau dipaksakan, ditakutkan bermasalah. Kita tunggu saja jalan keluarnya," kata Lis, kepada BATAMTODAY.COM, saat ditemui menghadiri sebuah acara di Jalan Sultan Machmud, Tanjungpinang, Kamis (9/1/2014). 

Menanggapi adanya usulan agar Pemko membuat peraturan wali kota yang khusus mengatur bantuan-bantuan pendidikan, Lis juga mengaku belum tahu. Namun kembali dikatakan, saat ini Pemko masih mencari cara alternatif untuk membantu guru namun tidak melanggar aturan.

"Yang jelas kita akan mengupayakan memperjuangkan nasib guru swasta ini. Jadi, jangan sampai mereka yang turut mencerdaskan masyarakat Tanjungpinang harus menerima permasalahan seperti ini. Kita akan tetap mencari solusi yang bagus agar sama-sama senang," ujar Lis. (*)

Editor: Roelan