Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo Memanas, Buruh BBA Bentrok dengan Sekuriti Perusahaan
Oleh : Gokli
Rabu | 08-01-2014 | 10:24 WIB
BBA samping.jpg Honda-Batam
PT Bintan Bersatu Apparel.

BATAMTODAY.COM, Batam - Di tengah aksi mogok ratusan buruh anggota Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) FSPMI Batam di PT Bintan Bersatu Apparel (BBA), antara buruh dengan pihak pengamanan atau sekuriti sempat bentrok. Tapi hal ini tidak berlangsung lama, kedua belah pihak dapat meredam emosi masing-masing, Rabu (8/1/2014) pagi.

Bentrok antara buruh dengan sekuriti terjadi di saat sebagian anggota SPAI yang hendak masuk ke lokasi perusahaan ditahan di pintu gerbang. Alasan sekuriti, menahan buruh itu lantaran datang telat dari jadwal masuk kerja.

Jelas, upaya sekuriti untuk mencegat para buruh itu mendapat perlawanan dari ratusan buruh lain yang sudah berada di lokasi perusahaan dan melangsungkan aksi mogok kerja.

Memang tak ada korban. Namun, kejadian itu bagi buruh menunjukkan tidak adanya itikat baik manajemen PT BBA untuk menyelesaikan masalah.

"Kami mogok resmi, pemberitahuan ada. Tapi kenapa rekan kami dihalangi masuk. Itu yang membuat kami sempat bentrok dengan sekuriti," ujar seorang yang melakukan aksi mogok kerja.

Selain ratusan buruh yang melakukan aksi mogok kerja, di dalam perusahaan belasan personil Polisi juga tampak hadir dan terlihat berdiri di Pos Sekuriti pintu utama PT BBA.

Editor: Dodo