Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ford akan Luncurkan Mobil Tenaga Surya
Oleh : Redaksi
Senin | 06-01-2014 | 16:44 WIB
ford_c-max.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mobil Ford jenis C-MAX Solar Energi Concept dalam gambar yang disediakan oleh perusahaan. (Foto: VoA)

BATAMTODAY.COM - Produsen mobil AS Ford Motors mengumumkan bahwa perusahaan itu akan segera meluncurkan apa yang disebut "kendaraan tenaga surya pertama di kelasnya."

Mobil yang dinamakan C-MAX Solar Energi Concept itu dapat berjalan "tanpa bergantung pada listrik atau bahan bakar," menurut perusahaan tersebut.

Ford mengatakan mobil tersebut dapat memanfaatkan tenaga surya dengan menggunakan konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar, mengarahkan sinar matahari ke panel-panel surya pada atap mobil.

Sinar matahari satu hari dapat memberikan kinerja sama dengan mobil hibrida listrik, menurut perusahaan tersebut, dengan menambahkan bahwa mengemudi mobil tersebut dapat mengurangi emisi gas buang yang biasanya dapat mencapai empat metrik ton satu mobil -- jumlah yang sama dikeluarkan oleh sebuah rumah di AS dalam empat bulan.

SunPower, yang telah menjadi mitra teknologi surya untuk Ford sejak 2011, menyediakan sel-sel surya untuk atap mobil. Karena waktu lama yang diperlukan untuk menyerap cukup energi untuk memberi tenaga kendaraan secara penuh, Ford meminta bantuan pada Georgia Institute of Technology untuk meningkatkan sinar matahari untuk membuat hibrida tenaga surya dapat digunakan sehari-hari.

Mobil ini akan dipamerkan di acara 2014 International CES di Las Vegas pada 7-10 Januari.

Usai acara, Ford dan Georgia Tech akan mulai menguji kendaraan dalam sejumlah skenario dunia nyata untuk melihat apakan konsep ini layak untuk produksi massal.

Sumber: VoA