Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

All New Yaris 2014 Sudah Bisa Dipesan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 07-12-2013 | 10:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - All New Toyota Yaris mengawali debutnya di ajang pameran otomotif yang digelar di Thailand beberapa waktu lalu. Kini, Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan kepada konsumen di Indonesia untuk memesan unit All New Yaris tersebut.

Sinyal itu disampaikan Rahmat Samulo, Direktur PT Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini lantaran pihak TAM menegaskan bahwa produk terbaru ini memang akan dirakit di Indonesia sehingga Toyota 'berani' membuka kesempatan tersebut. Meskipun sebenarnya TAM saat ini belum mulai memproduksi dan baru akan diluncurkan pada Maret 2014.

All New Yaris yang akan dirakit di Indonesia, kabarnya akan mengalami beberapa perubahan. Perubahan utama yang terjadi pada All New Toyota Yaris 2014 adalah dari sektor eksterior dan juga sisi mesin. Dimensi body menjadi lebih panjang dengan wheelbase sama dengan All New Toyota Vios 2014 yaitu 2.550 mm (untuk pasar Asia) untuk Eropa lebih pendek dengan 2.510 mm.

TAM tidak lagi mengimpor Yaris (CBU) dari Thailand untuk proyek All New Yaris 204 ini. Langkah ini menyebabkan TAM harus merakitnya di dalam negeri sehingga tidak terjadi lagi 'telat' pasokan dalam memenuhi permintaan konsumen Indonesia.

TAM menegaskan kembali langkahnya untuk memproduksi (merakit) sendiri All New Yaris 2014 ini lantaran ada perbedaan spesifikasi mesin yang berlaku untuk Yaris di Thailand dengan di Tanah Air.

Jika di negeri Gajah Putih ini program pemerintahnya sudah masuk pada kebijakan eco-car yang berarti pembatasan kapasitas mesin menjadi 1.200cc, sedang di Indonesia masih menggunakan batasan mesin 1.500cc untuk sang calon Yaris terbaru ini.

Selain itu, menurut beberapa sumber TAM untuk Asia, antara produk Indonesia - Thailand dengan Amerika - Eropa akan memilki perbedaan yang cukup ketara pada sektor body ekteriornya.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Rahmat Samulo, All New Yaris 2014 ini memiliki dimensi yang berbeda dengan Yaris lama. Sektor sasis dan body akan lebih panjang, sedang untuk groundclearance-nya sendiri akan semakin menempel dengan tanah alias lebih rendah. Sehingga sudah bisa diprediksi bahwa Yaris terbaru ini akan lebih nyaman lagi.

Untuk sektor interior, TAM membekalinya dengan fitur kaca gelap (hitam) pada mobil contoh produksi pada saat jumpa pers beberapa waktu lalu. Namun melalui penjelasannya, setidaknya interior Yaris terbaru ini memang dikhususkan untuk segmen pasar para pemuda yang lebih menyukai gaya sporty dan dinamis.

Mengenai harga, pihak TAM belum membeberkan masalah harga berikut dengan spesifikasi lengkap mesin yang akan dipergunakan di Tanah Air. Hal ini disebabkan oleh prosesi peluncurannya sendiri yang masih tahun depan.

Rahmat menegaskan, kemungkinan penentuan harga akan sangat bergantung pada nilai tukar mata uang Rupiah terhadap mata uang Dolar Amerika. Jadi meskipun dirakit mandiri oleh TAM, tidak menutup kemungkinan harganya bisa naik cukup signifikan. (*)

Sumber: otosia.net