Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua Apindo Bintan Menilai Aturan yang Belum Jelas Hambat Investasi
Oleh : Harjo
Kamis | 05-12-2013 | 16:12 WIB
Jammin_medium.jpg Honda-Batam
Ketua Apindo Bintan, Jamin Hidajat.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Bintan, Jamin Hidajat, mengatakan, infrastruktur bukan salah satu syarat dari investor yang ingin berinvestasi. Menurut Jamin, yang lebih penting adalah aturan terkait dengan hal tersebut. 

Selama ini, katanya, yang menjadi salah satu kendala masuknya investasi karena masalah birokrasi atau aturan yang belum ada sehingga harus tertunda.

"Sangat disayangkan kalau ada investor sudah memiliki minat untuk menanamkan investasinya, tetapi justru terkendala karena masalah belum adanya aturan terkait usaha yang akan dijalankan," ungkap Jamin, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (5/12/2013).

Dia berharap, pemerintah memiliki kebijakan sehingga calon investor tidak perlu menunggu lama agar bisa menanamkan modalnya. Karena, masing-masing negara jelas bersaing untuk menarik investor dan itu juga harus menjadi pertimbangan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, dia mengakui, satu per satu perusahaan di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, hengkang dari sana. Namun, Jamin menilai hengkangnya perusahaan-perusahaan tersebut akibat krisis global.

"Berkembang atau tidaknya KIB Lobam tidak lepas dari pengaruh yang terjadi di dunia secara global dan kepekaan semua pihak dalam melihat kesempatan untuk menarik investasi," ujar Jamin.

KIB Lobam sendiri, katanya, sangat terbuka luas untuk berbagai jenis industri dan tidak tertutup kemungkinan untuk agroindustri modern yang saat mulai dilirik.

"Indonesia adalah negara maritim. Tentunya agrobisnis juga sangat tepat dan sangat menjanjikan. Seperti perusahaan agro jamur yang saat ini sudah ada di KIB Lobam. Asalkan semua pihak siap," katanya. (*)

Editor: Dodo