Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kampanye Pekan Kondom Nasional Akhirnya Dihentikan
Oleh : Redaksi
Rabu | 04-12-2013 | 15:12 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kegiatan Pekan Kondom Nasional (PKN) akhirnya dihentikan akibat menuai protes banyak kalangan. Namun, Kementerian Kesehatan menegaskan, kegiatan itu bukan agenda Kementerian Kesehatan, namun diprakarsai oleh DKT Indonesia, distributor kondom di Indonesia, dengan sepengetahuan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN).

"Sesuai hasil pertemuan dengan KPAN dan DKT Indonesia, Kementerian Kesehatan RI telah meminta DKT Indonesia untuk menghentikan kegiatan kampanye dengan menggunakan bus bertulisan Pekan Kondom Nasional,” demikian siaran pers yang dikirimkan Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Rabu (4/12/2013).

Siaran pers itu menegaskan, Kementerian Kesehatan RI telah meminta DKT Indonesia untuk menghentikan kegiatan kampanye dengan menggunakan bus bertulisan "Pekan Kondom Nasional", serta meminta perusahaan distributor tersebut untuk menyampaikan penjelasan secara resmi kepada Kementerian Kesehatan terkait kegiatan tersebut.

Pekan Kondom Nasional yang digelar dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia itu menuai protes dari berbagai kalangan. Bahkan Sekretaris Kabinet (Seskab), Dipo Alam, melalui akun twitternya @dipoalam49 telah meminta Menteri Kesehatan dan Kementerian Kesehatan menghentikan kegiatan kampanye penggunaan kondom yang diluar kepatutan.

"Pekan Kondom yang di luar kepatutan dari tujuan. Saya sudah minta Menkes dan Kemenkes cegah cara-cara itu, dan copot poster-poster itu," tulis Dipo melalui akun twitternya yang diunggah pada Selasa (3/12/2013).

Menurut Seskab,  ia sudah meminta Menkes dan jajarannya untuk mencegah ekses kampanye anti HIV yang tidak diperlukan dan di luar kepatutan.

Pihak Kementerian Kesehatan sendiri telah melakukan pertemuan dengan KPAN dan DKI di Jakarta pada Senin (2/12/2013). Dari pertemuan ini diperoleh informasi bahwa Pekan Kondom Nasional merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan DKT Indonesia sejak 2007 dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia.

Rangkaian kegiatan acara Pekan Kondom Nasional 2013, di antaranya lomba penulisan jurnalistik dengan tema HIV/AIDS, lomba foto media sosial instagram untuk umum, konser musik "Goyang Sutra" pada 30 November 2013 di Jakarta Timur, kampanye komunikasi informasi dan edukasi (KIE) berupa leaflet dan media KIE lainnya di 12 kota, termasuk pembagian kondom untuk kelompok lelaki berisiko tinggi (LBT) di pelabuhan, terminal, dan lokalisasi. (*)

Editor: Dodo