Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marvel Comics Mulai Adopsi Pahlawan Muslimah
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-12-2013 | 09:22 WIB

BATAMTODAY.COM - Kamala Khan bukanlah gadis remaja AS keturunan Pakistan pada umumnya.Pahlawan super rekaan Marvel Comics ini memiliki kemampuan mengubah bentuk.

Namun tidak hanya melumpuhkan penjahat, pencipta Kamala berharap Nona Marvel yang baru ini dapat melawan stereotip perempuan Muslim di AS.

G Willow Wilson, seorang mualaf yang menjadi penulis naskah komik Kamala, mengatakan ia ingin dua anak perempuannya dan generasi mereka memiliki tokoh idola yang bisa menjadi inspirasi.

Dalam rilis di situs Marvel Comics, Wilson mengatakan tokoh Kamala berusaha mencari jalan tengah antara menjadi remaja Amerika dan nilai-nilai konservatif keluarga Muslim Pakistan di rumah.

Hal itu membuat Kamala, menurut Wilson, sudah memiliki identitas ganda bahkan sebelum ia mengenakan kostum.

Komik Kamala Khan akan mulai beredar pada bulan Februari 2014. Sebelum Kamala, Marvel Comics memperkenalkan tokoh Muslimah dalam komik yang masih terkait X-Men pada tahun 2002 yaitu Sooraya Qadir.

Tokoh yang digambarkan mengenakan jilbab ini adalah seorang mutan yang dapat mengubah dirinya menjadi butiran debu. Namun Kamala adalah karakter beragama Islam pertama yang menjadi tokoh utama komik Marvel. (*)

Sumber: BBC