Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Demo Buruh, Polisi Siaga Penuh di Kantor Wali Kota Batam
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 29-11-2013 | 15:28 WIB
watermarked-IMG01159-20131129-1437.jpg Honda-Batam
Pagar dari kawat berduri telah disiapkan di kantor Wali Kota Batam untuk mengantisipasi aksi buruh.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota kepolisian bersiaga di kantor Wali Kota Batam pada Jumat (29/11/2013) siang untuk mengantisipasi aksi demo buruh yang menuntut ditetapkannya Upah Kelompok Kerja.

Pantauan di lapangan, kantor wali kota telah dipasangi kawat berduri. Sejumlah kendaraan tempur jenis Baracuda dan Water Canon bersiaga di halaman kantor wali kota, DPRD dan di depan kantor Imigrasi Batam. Tak ketinggalan puluhan  kendaraan patroli bermotor telah disiagakan di sekitar kantor pemerintahan Kota Batam.

Diduga, pengamanan ketat oleh pihak kepolisian tersebut untuk mengantisipasi rembesan bentrok buruh di PT ASL Tanjunguncang, pagi tadi. Namun, hingga berita ini ditulis, tidak satu pun buruh yang melakukan aksi demo di sana.

Sebelumnya, ribuan buruh dari berbagai perusahaan galangan kapal bentok di depan PT ASL Tanjunguncang, Jumat (29/11/2013). Pemicu bentrok belum diketahui, namun diduga lantaran keberadaan buruh outsourcing yang masuk kerja hari ini di perusahaan tersebut.

Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, pada pukul 07.00 WIB, di lokasi beberapa perusahaan galangan kapal daerah Tanjunguncang terjadi konsentrasi buruh. Para pekerja galangan kapal ini melakukan aksi mogok terkait tuntutan upah kelompok yang belum diteken oleh Gubernur Kepri dan juga sebagai lanjutan aksi demo yang terjadi kemarin. (*)

Editor: Dodo