Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Massa Buruh Bentrok di PT ASL Tanjunguncang Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Jum'at | 29-11-2013 | 13:36 WIB
batamtoday-IMG_20131129_132014.jpg Honda-Batam
Kondisi terakhir lokasi dan terlihat mobil Toyota Inova yang dirusak massa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh dari berbagai perusahaan galangan kapal bentok di depan PT ASL Tanjunguncang, Jumat (29/11/2013). Pemicu bentrok belum diketahui, namun diduga lantaran keberadaan buruh outsourcing yang masuk kerja hari ini di perusahaan tersebut.

Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, pada pukul 07.00 WIB, di lokasi beberapa perusahaan galangan kapal daerah Tanjunguncang terjadi konsentrasi buruh. Para pekerja galangan kapal ini melakukan aksi mogok terkait tuntutan upah kelompok yang belum diteken oleh Gubernur Kepri dan juga sebagai lanjutan aksi demo yang terjadi kemarin.

Konsentrasi massa buruh yang sudah berkumpul di depan PT Nippon, Hyundai, Bintang Industri, Batamek, dan Draydock bergerak menuju PT ASL. Namun demikian, aktivitas di PT ASL saat itu masih berlangsung.

"Buruh itu datang mau sweeping pekerja yang ada di PT ASL. Entah gimana, terjadi bentrok," kata Wanto, warga yang bermukim di depan PT ASL Tanjunguncang.

Kericuhan yang semakin memanas tak terelakkan lagi. Beruntung, sebelum massa masuk ke PT ASL, pihak kepolisian tiba di lokasi dan membubarkan konsentrasi massa dengan tembakan gas air mata. Massa yang berhamburan masuk ke pemukiman warga untuk mencari perlindungan.

Wanto menambahkan, kericuhan yang terjadi membuat dirinya tak bisa berangkat kerja. Massa buruh yang sempat masuk ke pemukiman warga, kembali melakukan perlawanan.

Beberapa lemparan batu pun diarahkan buruh ke pihak keamanan yang berjaga di depan PT ASL. Alhasil, satu uni mobil Toyota Inova warna putih BP 1539 FG terkena lemparan hingga mengalami kerusakan di bagian kaca depan.

"Setelah suasana sempat reda, massa buruh datang lagi dan melempari batu juga tanah ke arah PT ASL," jelasnya.

Tak hanya mobil yang rusak, kata warga lainnya, ada sepeda motor yang ikut dirusak. Bahkan ada beberapa buruh yang terluka akibat bentrok yang sempat terjadi.

Sampai dengan pukul 11.00 WIB, kondisi di PT ASL kembali normal. Para buruh tak lagi ada di lokasi, sementara polisi masih berjaga di sana. (*)

Editor: Dodo