Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah Hilang, Tahun Ini Sekolah Swasta di Tanjungpinang Kembali Terima Dana Sharing BOS
Oleh : Habibi
Kamis | 28-11-2013 | 16:26 WIB
dana_bos.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah sempat lenyap, dana sharing (pendamping) bantuan operasional sekolah (BOS) untuk sekolah-sekolah swasta di Tanjungpinang muncul lagi.

Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanjungpinang, Anthony, mengakui, dana sharing BOS untuk sekolah swasta pada tahun lalu memang tidak ada. 

"Kemarin itu kita sudah mengusulkan, tapi dalam pembahasan hilang, tidak ada dibahas. Makanya sekolah negeri saja yang dapat (dana sharing BOS). Apalagi dalam aturan lama, sekolah swasta kan dana sharingnya dalam bentuk hibah. Karena banyak alasannya sehingga dalam pembahasan tidak dimunculkan," ungkap Anthony, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (28/11/2013).

Sementara, dia mengaku tidak tahu kenapa alokasi dana sharing BOS dari APBS Kota Tanjungpinang pada tahun lalu itu tidak keluar.

Anthony memaparkan, dana sharing BOS tahun ini untuk jenjang SD dan SMP sebesar Rp1,6 miliar. "Untuk tahun ini jumlah bantuan sekitar Rp1,6 miliar. Mengenai jumlah yang didapatkan per siswanya kita belum tahu," katanya.

Yang jelas, imbuh Anthony, jumlah tersebut memang lebih kecil dari tahun 2012 yang mencapai Rp1,9 miliar. 

"Sekarang memang lebih kecil. Tapi untuk tahun ini bukan dana yang kita berikan melainkan barang yang tercantum dalam proposal," tutur Anthony.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Sharing BOS, Disdikbud Kota Tanjungpinang, Tata, memastikan, sekolah swasta akan mendapatkan dana tersebut pada tahun ini.

"Tahun ini hibah sharing BOS untuk sekolah swasta ada, akan tetapi baru beberapa sekolah saja yang mengajukan proposal. Bagi sekolah swasta yang menginginkan dana hibah ini bisa mengirimkan proposal dan kita tunggu paling lama awal Desember," ujar Tata. 

Terkait besaran bantuan hibah dana sharing APBN tersebut, Tata mengaku belum mendapatkan kabar karena sedang proses verivikasi. Sedangkan kapan akan dicairkan, kemungkinanan pada pertengahan atau akhir Desember. (*)

Editor: Dodo