Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aparat Keamanan Bubarkan Sweeping Buruh di KIE dengan Gas Air Mata
Oleh : Ali
Kamis | 28-11-2013 | 13:26 WIB
aksi buruh batam kie bubar.jpg Honda-Batam
Polisi melepaskan gas air mata untuk membubarkan konsentrasi buruh di depan KIE.

BATAMTODAY.COM, Batam - Aparat keamanan yang berjaga di Kabil Industrial Estate (KIE) akhirnya membubarkan aksi sweeping buruh dengan tembakan gas air mata, Kamis (28/11/2013).

Hal itu dilakukan setelah upaya persuasif yang dilakukan pihak Kepolisian terhadap buruh tak membuahkan hasil dan buruh tetap ngotot memaksa masuk ke kawasan tersebut. Bahkan, buruh merobohkan barikade dan melempari aparat keamanan dengan batu.

Kondisi ini langsung disikapi dan gas air mata dilepaskan ke arah kerumunan buruh. Hal itu kemudian dibalas dengan lemparan batu dan gas air mata yang ditembakkan ke arah buruh kembali dilemparkan ke Polisi.

Namun demikian, Polisi tetap sigap dan terus berupaya menghalau ribuan buruh ini. Alhasil, para buruh kocar kacir dan lari menjauh dari KIE. Sejumlah buruh tampak diamankan Polisi lantaran dianggap sebagai provokator.

Sementara, upaya pengusiran ribuan buruh dari KIE didukung oleh warga di sekitar kawasan industri tersebut. Ratusan warga juga ikut menguber buruh yang tunggang langgang lantaran dikejar aparat keamanan.

"Kami merasa terganggu jika cara penyampaian aspirasi dilakukan seperti ini," ujar salah satu warga sekitar KIE.

Editor: Dodo