Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sweeping Buruh di Kabil Industrial Estate Memanas
Oleh : Ali
Kamis | 28-11-2013 | 13:04 WIB
aksi_buruh_batam_kie.jpg Honda-Batam
Negosiasi yang berlangsung alot antara perwakilan buruh dengan Kombes Hadi Purnomo, Direktur Binmas Polda Kepri di Kabil Industrial Estate.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah beranjak dari jalan menuju Bandara Hang Nadim, ribuan buruh menggelar sweeping di Kabil Industrial Estate, Kamis (28/11/2013).

Aksi sweeping ini dimaksudkan untuk mengajak buruh di kawasan industri tersebut untuk ikut mogok kerja namun setibanya di lokasi tersebut, ribuan buruh ini tertahan oleh penjagaan aparat keamanan yang terdiri dari sekuriti kawasan, Polisi dan TNI.

Awalnya sempat terjadi negosiasi antara perwakilan buruh yang melakukan sweeping dengan Kombes Hadi Purnomo, Direktur Binmas Polda Kepri, agar bisa masuk ke kawasan industri. Namun Polisi tetap menyarankan agar buruh tetap di luar kawasan industri.

Tak berapa lama datanglah kelompok buruh lainnya yang datang ke lokasi tersebut. Situasi tiba-tiba memanas, setelah kelompok buruh yang baru datang itu menumbangkan barikade. Batu pun kemudian melayang.

Meski demikian, Polisi tetap persuasif dan meminta agar buruh tetap tenang. Namun buruh tetap ngotot agar diperkenankan masuk ke kawasan industri.

Hingga berita masih tetap memanas dan Polisi menambah kekuatan personil yang berjaga di kawasan tersebut.

Editor: Dodo