Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Blokir Jalur Menuju Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 28-11-2013 | 10:23 WIB
buruh-blokir-akses-bandara1.jpg Honda-Batam
Ratusan sepeda motor milik buruh yang diparkir hingga memenuhi jalan menuju bandara Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh memblokir jalan ke arah bandara Hang Nadim Batam seiring dengan aksi mogok yang digelar untuk menuntut pengesahan Upah Kelompok Usaha oleh Gubernur Kepulauan Riau, Kamis (28/11/2013) pagi.


Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (F-SPMI), memblokir arah menuju simpang bandara dengan menggelar aksi duduk serta memarkir kendaraan mereka di jalur depan Perumahan Permata Bandara. Alhasil, aksi ini membuat arus lalu lintas menuju Hang Nadim dan Nongsa menjadi tersendat. Pihak kepolisian terpaksa mengalihkan arus kendaraan untuk melewati jalan di Perumahan Odessa. 

Seperti diberitakan, ribuan buruh di Batam pada Kamis (28/11/2013) dipastikan turun ke jalan untuk melakukan aksi demo. Pasalnya, Gubernur Kepri belum juga memberikan jawaban atau kepastian terkait upah kelompok usaha yang tak ikut diteken bersama UMK Batam tahun 2014.

Surya Darma Sitompul, salah satu elit Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Batam, mengatakan, rencana aksi demo terpaksa harus dilakukan lantaran kepastian dari Gubernur Kepri belum ada. Padahal, para elit buruh dari empat serikat, masing-masing SBSI, FSPMI, SPSI dan SPN sudah menunggu sampai pada Rabu (27/11/2013) pukul 23.59 WIB. (*)

Editor: Dodo