Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Upah Kelompok Usaha Belum Diteken

Hari Ini, Buruh Kepung Batam Center
Oleh : Gokli
Kamis | 28-11-2013 | 08:13 WIB
buruh-310-mk-lumpuh.gif Honda-Batam
Aksi buruh di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan buruh di Batam, pada Kamis (28/11/2013) dipastikan turun ke jalan untuk melakukan aksi demo. Pasalnya, Gubernur Kepri belum memberikan jawaban atau kepastian terkait upah kelompok usaha, yang tak ikut diteken bersama UMK Batam tahun 2014.

Surya Darma Sitompul, salah satu elit Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Batam, mengatakan, rencana aksi demo terpaksa harus dilakukan lantaran kepastian dari Gubernur Kepri belum ada. Padahal, para elit buruh dari empat serikat, masing-masing SBSI, FSPMI, SPSI dan SPN sudah menunggu sampai pukul 23.59 WIB, pada Rabu (27/11/2013).

"Katanya Gubernur mau berikan jawaban, ternyata setelah kita tunggu sampai larut malam tak ada. Mau tak mau aksi demo terpaksa dilakukan," kata dia, saat ditemui di depan Gedung Graha Kepri, Batam Center.

Masih kata Surya, aksi Demo hari pertama ini dilakukan dengan damai. Namun, hal ini belum tentu bisa menjadi jaminan, sebab semua buruh di Batam baik anggota serikat maupun non serikat akan diturunkan seluruhnya.

Pada pagi, lanjutnya, aksi demo dilakukan di sekitar lokasi perusahaan masing-masing. Setelah dipastikan semua turun, aksi demo akan dilanjut ke daerah Batam Center di dua titik Gedung DPRD dan Pemko Batam.

"Kalau jumlah massa tak bisa kita pastikan. Harapan kami semua buruh turun ke jalan untuk melumpuhkan aktivitas industri," sebut dia.

Upaya buruh untuk mendapat jawaban dari Gubernur Kepri dilakukan sampai dengan larut malam. Di depan Gedung Graha Kepri, puluhan buruh sempat berkumpul beserta para elit-elitnya.

Namun, upaya itu nampaknya sia-sia. Sampai dengan, Kamis (28/11/2013) sekitar pukul 00.15 WIB jawaban atau pengumuman dari Gubernur Kepri belum didapat. Usai dipastikan akan turun demo, para buruh itu membubarkan diri.

Editor: Dodo