Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Butuh SMA di Dompak, Sekolah yang Ada Malah Bakal Jadi Kantor Disdik
Oleh : Habib
Kamis | 14-11-2013 | 17:24 WIB
Bangunan-SMK-Unggulan-1_(1).jpg Honda-Batam
Bangunan SMA di Dompak yang belum juga rampung tersebut dikabarkan bakal jadi kantor Dinas Pendidikan Kepri meskipun Tanjungpinang butuh SMA di situ.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang masih membutuhkan gedung sekolah baru di kawasan Dompak seiring pertumbuhan penduduk yang diprediksi naik karena daerah tersebut dijadikan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Uniknya, gedung SMA yang telah dibangun Provinsi Kepri di Dompak, rencananya malah akan digunakan sebagai kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri.

"Memang di daerah sana ada SMP 13 Satu Atap. Tapi jangkauan siswa jauh. Karena di Dompak itu bakalan ramai, kita memang membutuhkan gedung SMP dan SMA di sana," kata Dadang, Kepala Dinas Pendidikan saat dihubungi, Kamis (14/11).

Namun, Dadang tak tertarik untuk "meminta" gedung SMA di Dompak yang telah dibangun Pemprov Kepri tersebut. "Kami belum melakukan itu dan tidak mungkin melakukan itu. Tapi jika memang mereka mau menyerahkan gedung itu, kami sangat mau sekali mengingat kita masih banyak butuh gedung sekolah," ujarnya.

Sementara itu, dikabarkan gedung SMA di Dompak yang dibangun oleh provinsi itu akan dijadikan kantor Dinas Pendidikan Kepri. Gedung sekolah yang digadang-gadang akan dijadikan SMA rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) itu gagal total setelah pemerintah "melikuidasi" RSBI.

Selain itu, SMA unggulan tersebut juga digadang-gadang menjadi ikon kualitas pendidikan di Kepri. Siswa yang akan bersekolah di sana merupakan siswa berprestasi dari seluruh kabupaten/kota se-Kepri. 

Namun, setelah "tambal sulam" selama empat tahun, bangunan yang menelan anggaran sebesar Rp5 miliar itu diperkirakan hanya akan dijadikan kantor Dinas Pendidikan Kepri.

"Memang tidak tahu kenapa gedung itu tidak siap-siap, banyak hantu mungkin. Tahun ini juga tidak bisa disiapkan. Dan dengar-dengar kalau siap pun akan dialihfungsikan jadi kantor Dinas Pendidikan," ungkap salah seorang pejabat di Dinas Pendidikan Kepri.

Dari informasi yang dia dengar, Dinas Pendidikan Kepri akan segera menempati gedung tersebut pada awal 2014. Namun, karena belum siap juga, maka kepastian pindah masih belum diketahui.

"Belum tahu kapan akan siap. Tapi mudah-mudahan tahun depan siaplah," katanya. (*)

Editor: Dodo