Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transaksi Tembus Rp2 Miliar, Peserta The 9th ISIE 2013 Panen Permintaan Luar Negeri
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 04-11-2013 | 20:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - The 9th International Sumatera Indonesia Expo 2013 yang berlangsung pada 1 - 4 November 2013 di Mega Mall, Batam Centre, berjalan sukses. Nnilai transaksi dari ajang bergengsi ini tembus hingga Rp2 miliar dan mendapat banyak permintaan dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Amerika.

Koordinator Eksibitor PT Sumatera Promotion Centre (SPC), Efendi Tarmizi, mengatakan, antusias pengunjung dalam kegiatan pameran yang menampilkan produk daerah di Indonesia sangat tinggi. Terbukti dengan transaksi yang terjadi di setiap stan peserta The 9th ISIE 2013.

"Transaksi selama empat hari pelaksanaan ISIE ini mencapai Rp2 miliar. Selain permintaan produk daerah sangat tinggi terutama dari luar negeri," kata Efendi, usai penutupan The 9th ISIE 2013 di Mega Mall Batam Centre, Senin (4/10/2013).

Adapun produk yang mendapat pesanan sangat tinggi yakni kopi aceh, karena pihak perusahaan dari Malaysia sudah meminta didatangkan sekitar 2,5 ton.

"Kedua pihak sudah sepakat. Peserta dari Aceh bersedia menyiapkan permintaan dari perusahaan Malaysia," terang Efendi.

Kemudian kepiting soka dari Kabupaten Bengkalis yang diminati pihak Singapura dan sudah memesan hingga 1 kontainer per bulan. Selanjutnya, permintaan produsen cokelat di Batam yang memesan kakao dan beras merah dari Bangka.

"Bahkan ada perwakilan dari Konsulat Amerika yang memesan songket dari Lampung," lanjut dia.

Adapula brownies sagu dari Bengkalis yang mendapat permintaan dari masyarakat. "Pesanan paling banyak adalah pudung patin atau salai patin, mendapatkan permintaan baik dari Batam, Malaysia dan Singapura," katanya mengakhiri. (*)

Editor: Dodo