Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Coba Kibuli Petugas, Pria Bolivia Ini Telan Kondom Berisi Kokain Seberat 1,5 Kg
Oleh : Redaksi
Kamis | 31-10-2013 | 17:21 WIB
thumb_69f1.jpeg Honda-Batam
Foto ilustrasi hasil tangkapan kokain di KLIA.

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Ada-ada saja yang dilakukan pengedar narkoba untuk menghindari sergapan petugas, terutama petugas di bandara. Tapi, yang dilakukan warga Bolivia ini terbilang cukup unik.

Seperti yang diwartakan Bernama, Kamis (31/10/2013), pria asal Bolivia ini harus menelan 36 kondom yang berisi kokain cair seberat 1,5 kg saat hendak masuk ke Malaysia lewat bandara internarsional Kuala Lumpur (KLIA), Minggu pagi kemarin. 

Namun, aksi pria ini tak berhasil mengelabui petugas, dan akhirnya digiring untuk menjalani pemeriksaan. Dan, si pria dipaksa menelan wortel seukuran kondom untuk mengeluarkan kokain tersebut, serta agar kokain itu tidak larut di lambung.

Direktur Departemen Investigasi Kejahatan Narkotika Bukit Aman, Datuk Noor Rashid Ibrahim, mengatakan, dalam pemeriksaan pada pukul 9.30 pagi itu, polisi menahan pria yang mencurigakan.

"Pria itu baru saja tiba di KLIA dari Sao Paulo melalui Dubai. Polisi segera membawanya ke Rumah Sakit Serdang untuk mengeluarkan obat itu yang semuanya seberat 1.5 kg," katanya.

Pada saat investigasi, Noor Rashid mengatakan, pria itu diberikan potongan wortel sebesar ukuran kondom untuk ditelan. 

"Sindikat narkoba juga telah melakukan tes untuk bahan buatan kondom yang tidak larut oleh asam lambung dan mampu bertahan lama saat obat itu dibawa di dalam tubuh," katanya.

Pria itu antara beberapa individu warga asing yang ditahan selama seminggu karena kesalahan obat, dengan nilai rampasan 2,7 juta ringgit.

Selain warga Bolivia itu, turut ditangkap dalam operasi di Kuala Lumpur dan Pahang adalah dua wanita asal Vietnam, seorang wanita Kamboja, dan dua pria asal Nigeria. Semuanya berumur antara 25 dan 41 tahun. (*)

Editor: Dodo