Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Ekonomi di Anambas Tertinggi Se-Kepri
Oleh : Nursali
Rabu | 30-10-2013 | 16:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Anambas diklaim tertinggi di Provinsi Kepri. Angka pertumbuhan ekonomi tersebut berdasarkan  Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) untuk tahun 2012.

"Pertumbuhan ekonomi di Anambas termasuk yang tertinggi. Ini angka yang didapat pada tahun 2012 berdasarkan perhitungan PDRB tiap tahun. Sementara, untuk tahun 2013 baru bisa diketahui pada akhir bulan Desember mendatang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas, Bustami kepada sejumlah wartawan, Rabu(30/10/2013).

Bustami juga menambahkan, pertumbuhan ekonomi tersebut dinilai masih wajar karena wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas masih dalam tahap pembangunan berbeda dengan daerah lainnya di Kepulauan Riau(Kepri).

"Hal ini wajar karena Anambas wilayah baru yang sedang giat membangun, berbeda dengan beberapa wilayah lain yang ada yang cenderung stabil. Karena mereka telah membangun infrastruktur yang ada sebelumnya," katanya.

Menurut Bustami, semenjak kenaikan bahan bakar beberapa waktu lalu sangat berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi di Anambas. Apalagi Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan daerah yang terpisah karena pulau sangat membutuhkan bahan bakar yang tinggi sehingga harga bahan pokok dan bahan lainnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Tarif transportasi darat semenjak kenaikan BBM transportasi paling besar. Kalau pompong masih sama. Beberapa bahan kebutuhan pokok seperti beras serta  tepung masih mengalami kenaikan naik. Dalam hal ini, BPS tidak melakukan survei harga, tetapi survey ke pedesaan," ujarnya.

Editor: Dodo