Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Lobam Akan Gelar Unjuk Rasa Susulan, Ormas Bintan Ingatkan Jangan Anarkis
Oleh : Harjo
Selasa | 29-10-2013 | 15:29 WIB
watermarked-IMG-20131026-00941.jpg Honda-Batam
Raja Ali Akbar.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Lintas OKP dan ormas di Bintan Utara mengingatkan para buruh pengunjuk rasa untuk tidak melakukan pemblokiran jalan dan tetap menghormati hak pekerja dan masyarakat yang menjalankan aktivitasnya dan tidak ebrbuat anarkis. Imbauan itu disampaikan menyusul rencana unjuk rasa susulan yang akan dilakukan oleh buruh di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, pada Kamis (31/10/2013).

"Sesuai kesepakatan dengan OKP dan ormas, buruh yang melakukan unjuk rasa tidak akan menganggu pekerja lain yang akan tetap menjalankan aktivitasnya, serta tidak melakukan pemblokiran jalan. Buruh diharapkan tetap komitmen dan tetap menjaga kondusivitas Bintan," ujar Raja Ali Akbar, koordinator lintas OKP dan ormas Bintan Utara, di Tanjunguban, Selasa (29/10/2013).

Dia mengatakan, saat melakukan aksi unjuk rasa yang pertama, para buruh masih komitmen dengan kesepakatan bersama, dan patut diapresiasi. Namun, pada aksi yang kedua, ada wacana jika para buruh akan menduduki dan melumpuhkan sejumlah perusahaan di KIB Lobam.

Terkait wacana tersebut, Ali Akbar kembali mengingatkan para pengunjuk rasa untuk tidak terlalu berlebihan atau keluar dari komitmen yang sudah ada. Apalagi, akibat wacana tersebut menyebabkan kecemasan sejumlah warga yang menjalankan aktivitasnya di dalam atau di sekitar KIB Lobam.

"Wacana yang dihembuskan untuk menduduki sejumlah perusahaan kembali mengusik ketenangan masyarakat terutama lintas OKP dan ormas, baik Lobam maupun Bintan Utara. Karena kesepakatan sudah ada, maka Lintas OKP dan ormas tidak mungkin tinggal diam," tegasnya.

Darsono, perwakilan lintas OKP dan ormas lainnya, meminta agar pimpinan buruh di Lobam jangan membuat wacana yang mencemaskan warga. 

"Semua berharap kehidupannya terus ada peningkatan, tetapi harus bisa melihat kepentingan yang lebih luas dan jangka panjang. Jangan karena ada perintah atasan, lantas tidak mempedulikan kondisi daerah. Karena karakteristik masyarakat di setiap daerah berbeda," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Bintan, Kompol Suka Irawanto, menyampaikan, pada hari ini sebagian besar personel Polres dan Brimob Polda Kepri yang ada di KIB untuk sementara telah ditarik. Namun, seiring dengan wacana adanya unjuk rasa susulan, maka personel Polres akan diturunkan kembali mulai besok. (*)

Editor: Dodo