Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka Kriminalitas di Kalangan Pelajar Malaysia Meningkat 149 Persen
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-10-2013 | 14:56 WIB
terengganu_juvana0.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Johor Baharu - Rupanya, meningkatnya kualitas dan kuantitas tindak kriminal di kalangan remaja bukan hanya terjadi di Indonesia saja. Angka kejahatan pelajar di negeri tetangga, Malaysia, meningkat 149 persen selama semester pertama 2013, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Direktur Departemen Pencegahan dan Pembanterasan Pidana Malaysia, Datuk Wira Ayub Yaakob, mengungkapkan, periode tahun lalu jumlah kriminalitas di kalangan pelajar sebanyak 335 kasus, namun kini menjadi 873 kasus.

"Angka tersebut terlihat tidak besar, tetapi harus dibendung untuk menghindarkan pelajar terlibat dengan kegiatan kriminal yang dapat merusak diri. Mereka seharusnya ke sekolah dan menimba ilmu," kata Wira Ayub Yaakob, seperti dilansir Bernama, hari ini.

Menurut dia, pelajar sering melakukan kejahatan itu melibatkan suatu geng yang akan direkrut untuk melakukan kejahatan lain. Dia menambahkan, Operaso Cantas tidak hanya menjaring kriminil di kalangan dewasa, tetapi juga bisa menahan kalangan pelajar.

Dengan terbentuknya Klub Pencegahan Kriminal (KPJ), pihak sekolah akan dapat membantu polisi mengumpulkan informasi dan bekerja sama dalam menangani tindak kriminal yang melibatkan pelajar. (*)

Editor: Dodo