Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP2K3 Rekomendasikan Tanjungbatu Ibu Kota Kundur
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 25-10-2013 | 20:38 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Penyantun Pekerja Pembentukan Kabupaten Kepulauan Kundur (BP2K3) merekomendasikan Tanjungbatu sebagai ibu kota kabupaten, menyusul keluarnya restu dari DPR-RI pada 24 Oktober 2013 lalu.

"Kita sepakat, Tanjungbatu akan dijadikan sebagai pusat kota, kantor Bupati Kepulauan Kundur untuk sementara akan ditempatkan di Kantor Camat Kundur," ujar Abdul Malik, Ketua Dewan BP2K3, Jumat (25/10/2013). 

Mengenai pelaksana tugas (plt) bupati, Malik menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) yang menunjuk. 

"Tugas seorang plt bupati yang paling utama adalah mempersiapkan sarana dan prasarana perkantoran, mempersiapkan personel, termasuk mengusulkan sekda dan mengangkat Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan menyelenggarakan pemilukada," ujar Malik. 

Menurutnya, plt bupati akan ditetapkan gubernur paling lama enam bulan sejak dimekarkan, dan akan bertugas selama dua tahun sejak diangkat. Jika pemilukada sudah dilangsungkan, maka bupati terpilih menggantikan plt bupati. 

Dia menambahkan, PNS di struktural maupun guru yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Kundur, secara otomatis akan menjadi pegawai Kabupaten Kepulauan Kundur. Karena itu, katanya, ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi anak daerah Pulau Kundur yang bekerja di luar daerah untuk kembali bekerja dan membangun tanah kelahirannya. (*)

Editor: Dodo