Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lion Air Siapkan Bangkok sebagai Hub Regional
Oleh : Redaksi
Senin | 21-10-2013 | 16:41 WIB

BATAMTODAY.COM, Bangkok - Lion Air berencana akan menggunakan Bangkok, Thailand, sebagai salah satu hub untuk memperkuat konektivitas jaringan. Pihak Lion Air berharap dapat memainkan peran yang lebih besar pada pasar penerbangan Thailand dan regional, dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata populer.

Saat ini Lion Air sudah memiliki tujuh hub di dalam negeri, yakni Jakarta, Batam, Surabaya, Bali, Ambon, Makassar, dan Manado, dan satu hub regional di Kuala Lumpur, yang membentuk usaha patungan dengan perusahaan Malaysia dengan mendirikan Malindo Air.

Dilansir dari laman surat kabar di Thailand, The Nation, Bangkok dianggap sebagai lokasi yang strategis untuk menghubungkan penerbangan regional dengan kota-kota besar di Asia. Bahkan, Lion Air juga berencana untuk melayani rute Jepang dan Korea Selatan melalui penerbangan layanan penuh.

Presiden direktur Lion Air, Rusdi Kirana, mengatakan, peluncuran Lion Air di Thailand akan membantu menarik lebih banyak wisatawan di sana. Meski merupakan pendatang baru di Negeri Gajah Putih itu, Rusdi mengatakan itu bukan penghalang besar.

"Peluang pasarnya masih cukup besar untuk setiap maskapai, asalkan menawarkan layanan yang efektif," katanya.

Bagaimanapun, LionAir akan bersaing secara frontal dengan AirAsia, yang memiliki pijakan yang kuat di sana. AirAisia sendiri telah memperluas jaringan di seluruh Thailand dan di daerah selama bertahun-tahun.

Di Thailand, Lion Group telah mendirikan perusahaan patungan, Thailand Lion Mentari Co Ini telah mendapatkan izin operasional dari Departemen Perhubungan Thailand dan sedang berusaha untuk mendapatkan sertifikat operator dari Departemen Penerbangan Sipil.

Penerbangan perdana dari bandara internasional Don Muang, Bangkok, ke Jakarta akan dimulai bulan depan, dengan dua penerbangan sehari. Lion Air juga berencana untuk menambahkan rute Bangkok - Kuala Lumpur dengan layanan harian, dan Bangkok - Chiang Mai dengan tiga layanan setiap hari. (*)

Editor: Dodo