Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima Suap dari Dumex, Ratusan Dokter dan Perawat di Cina Dihukum
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-10-2013 | 09:02 WIB

BATAMTODAY.COM, Tianjin - Pemerintah Cina menghukum 116 dokter dan perawat di Tianjin karena menerima suap dari Dumex Baby Food Co. Ratusan dokter dan perawat dari 85 institusi medis itu disuap untuk memberi makan bayi yang baru lahir dengan produk susu tersebut sejak 2011.

Menurut laporan investigasi yang diunggah pemerintah setempat melalui situs resminya, Sina Weibo, Senin kemarin, dari 116 orang yang terlibat, 13 tenaga medis telah mendapatkan sanksi berat berupa pemecatan dan diskor dari tugas.

Investigasi itu dilakukan oleh Biro Kesehatan di Tianjin, bersama-sama dengan polisi setempat, setelah sebuah laporan oleh China Central Television (CCTV) pada tanggal 16 September mengklaim bahwa staf medis dari rumah sakit di Tianjin telah menerima suap dari Dumex , pembuat formula bayi yang dimiliki oleh produsen makanan asal Prancis, grup Danone SA.

Sebagaimana dilansir Xinhua News, laporan CCTV itu juga menuduh bahwa Dumex telah melakukan praktik ilegal serupa di provinsi lain di seluruh negeri.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional mengatakan agar rumah sakit untuk secara ketat mematuhi hukum yang mengatur pengganti ASI.

Sementara itu dalam sebuah pernyataannya, Dumex mengatakan laporan CCTV itu terkait dengan proyek yang disponsori pihak perusahaan untuk mendukung pendidikan kesehatan ibu dan anak. Namun, pada beberapa kasus proyek itu tidak dikelola dengan baik sehingga muncul praktik-praktik yang bertentangan dengan tujuan proyek dan melanggar kebijakan seluruh perusahaan.

Di Cina, untuk mengatur industri, pemerintah telah melarang promosi susu bubuk oleh rumah sakit pada 1995. Analis mengatakan bahwa insiden yang serius ini akan merusak reputasi Dumex di Cina. (*)

Editor: Dodo