Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Stop Penjualan Yaris di Indonesia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 11-10-2013 | 11:22 WIB
Toyota-Yaris.jpg Honda-Batam
Toyota Yaris.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak lagi mengimpor Yaris dari Thailand, sejak Juli 2013. Berarti, unit-unit yang ada saat ini hanya tinggal menghabiskan stok. Makanya, ketika di IIMS 2013, di antara produk line-up Toyota, hanya Yaris, meski pihak TAM memberi alasan booth sudah tidak muat.

Namun, sumber internal Toyota Astra Motor membisikkan, kalau Toyota Yaris memang sudah stop jualan, karena sedang mempersiapkan model terbaru Toyota Yaris yang di Bangkok Motor Show 2013 sudah lebih dulu dihadirkan. Nantinya, Yaris terbaru itu akan diproduksi di Indonesia.

Toyota pertama kali menghadirkan Yaris di Indonesia pada 2006, baru kemudian melakukan facelift pertama 2009 dan penyegaran berikutnya dilakukan  2011. Tahun ini, penjualan sejak Januari-Juli 2013 mencapai 13.670 unit, dan  Agustus lalu hanya terlego 32 unit.

Sayangnya, TAM belum mau membocorkan kapan Yaris terbaru akan meluncur. Sebelumnya, GM Corporate Planning dan Public Relation TAM, Widyawati Soedigdo pernah mengatakan, kalau Yaris terbaru tidak diluncurkan tahun ini.

"Yaris baru belum dimasukan tahun ini. Alasannya karena prinsipal yang menentukan jika kemunculan Yaris baru di Indonesia belum tahun ini," urainya.

Ia melanjutkan, "Modelnya nggak persis sama di Cina. Kalau itu khusus pasar di sana. Nah, lain kalau Thailand yang menampilkan. Bisa jadi model itu yang dijual juga di Indonesia," pungkasnya.

Toyota akan menyuguhkan dua pilihan mesin yang berbeda pada Toyota Yaris. Kabarnya, ini juga merupakan mesin terbaru, yakni berkapasitas 1.0 liter 3 silinder dan satu lagi 1.3 liter 4 silinder. Sementara di Indonesia, Yaris menggunakan mesin 1.5 liter 4 silinder.
(Sumber: mobil.otomotifnet.com)