Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyakit Jantung Masih Menjadi 'Pembunuh' Nomor Satu di Malaysia
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-10-2013 | 09:33 WIB

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Penyakit jantung di Malaysia masih menakkutkan. Penyakit ini masih menjadi "pembunuh" nomor satu di negara semenanjung itu. Bahkan, kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr S Subramaniam, rata-rata ada 4,52 kasus baru khusus untuk penyakit jantung koroner yang dilaporkan setiap jam.

"Statistik Kementerian Kesehatan yang dilakukan setiap tahun tercatat sekitar 40.000 kasus baru penyakit jantung koroner. Dalam kebanyakan kasus , pasien yang sembuh dapat melanjutkan kehidupan yang produktif. Akan tetapi mereka harus membuat ketentuan untuk biaya pemulihan , perawatan khusus dan perubahan diet dan ini memerlukan dukungan finansial kuat," katanya seperti dilansir Bernama.

Menurut Dr Subramaniam, ulasan morbiditas dan kesehatan nasional sejak 1986 hingga 2011 menunjukkan hampir seluruh faktor risiko dan penyebab penyakit di Malaysia berasal dari praktik gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, diet, merokok dan konsumsi alkohol yang dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Termasuklah diabetes, jantung, stroke, kanker dan lain-lain.

Dia juga memaparkan, laporan WHO menyatakan, hampir 80 persen penyakit kronis seperti jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta sejumlah penyakit kanker, dapat dicegah melalui pola makan sehat, melakukan aktivitas fisik serta menghindari konsumsi alkohol atau tembakau. (*)

Editor: Dodo