Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terlibat Penipuan, Mantan Cabup Bengkulu Tengah Diringkus Aparat Polda Kepri
Oleh : Ali
Rabu | 02-10-2013 | 19:01 WIB
cabup_penipu.jpg Honda-Batam
Roman saat menjalani pemeriksaan di ruang Subdit I Ditreskrimum Polda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Mantan Calon Bupati Bengkulu Tengah, Roman Cavisa dijemput paksa oleh Satuan Ditreskrimum Polda Kepri pada Jumat (06/09/2013) lalu dari rumahnya di Bengkulu, atas dugaan penipuan dan penggelepan yang dilakukannya kepada korban OH hingga kerugian ditaksir belasan miliar rupiah.

"Pelaku melakukan aksinya dengan modus menawarkan sewa dua unit crane kepada OH seharga Rp16 miliar atas nama PT Birca Mandiri melalui internet," ujar Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono kepada wartawan, Rabu (2/10/2013).

Disampaikan Hartono, pelaku menggunakan modus menawarkan sewa dua unit crane dan sewa gudang melalui pesan email kepada korbannya. Setelah beberapa kali berkomunikasi, OH sepakat untuk menyewa crane tersebut.

"Kemudian pelaku meminta OH untuk mengirimkan tanda jadi ke rekeningnya. Korban yang menyetujui permintaan pelaku akhirnya mengirimkan uang sebesar Rp700 juta sebagai tanda jadi atas sewa dua unit crane tersebut," jelas Hartono.

Setelah ditransfer melalui rekening Bank Mandiri milik pelaku, lanjut Hartono, crane yang dipesan tidak juga kunjung tiba di Batam. Hingga OH memutuskan untuk melaporkan calon Bupati Bengkulu Tengah itu ke Mapolda Kepri.

"Setelah menerima laporan tersebut, penyidik dari Subdit I Ditreskrimum langsung melakukan penangkapan di Bengkulu dan membawa pelaku ke Batam," terang Hartono.

Setelah menjalani pemeriksaan, Roman langsung ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik  Subdit I Ditreskrimum. Tersangka langsung mendapat kamar sel di Rutan Mapolda Kepri.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Ditreskrimum Polda Kepri, tanpak beberapa kali Roman diperiksa di ruang Subdit I. Pantauan terakhir, Senin (30/9/2013), dia masih menjalani pemeriksaan.

Roman juga tampak sedikit kesal kepada awak media yang mencoba mengabadikan dirinya dari luar ruang riksa Subdit I. Kekesalan Roman ditunjukkan dengan senyum sinis kepada para wartawan.

Roman diketahui maju menjadi Calon Bupati Bengkulu Tengah pada 2011 lalu. Berpasangan dengan Amalia Zulkarnain, dia kandas di putaran pertama pilkada tersebut.

Editor: Dodo