Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa SMAN 5 Bintan Paling Tertib Berlalu Lintas
Oleh : Harjo
Senin | 23-09-2013 | 15:47 WIB
Kapolres_Bintan_AKBP_Kristiaji_menyerahkan_penghargaan_kepada_Kepsek_SMAN_5_Bintan.jpg Honda-Batam
Kapolres Bintan, AKBP Kristiaji, menyerahkan penghargaan kepada Kepala SMAN 5 Bintan, Sunaryono.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Siswa SMA Negeri 5 Bintan dinilai paling tertib berlalu lintas untuk tingkat pelajar di Kabupaten Bintan. Kepolisian Resor (Polres) Bintan pun menyerahkan penghargaan tertib berlalu lintas kepada sekolah tersebut, sesuai upacara bendera, Senin pagi tadi.


"Sesuai dengan amanat Kapolri bahwa tertib berlalu adalah hal yang wajib dilaksanakan mengingat angka kecelakaan yang masih sangat tinggi dan korban banyak  menimpa kalangan remaja yang belum layak mengemudikan kendaraan. Dan murid-murid SMAN 5 Bintan ini paling tertib berlalul lintas," kata Kapolres Bintan, AKBP Kristiaji, di sela-sela penyerahan penghargaan di sekolah yang berlokasi di Sekera, Bintan Utara.

Kapolres memaparkan, angka Kecelakaan lalu lintas tahun lalu sebanyak 32.670 kasus, dengan jumlah korban kematian sebanyak 2.471 orang se-Indonesia, dengan korban dari kalangan remaja sebanyak 20 persen.

Untuk itu, Polri terus mengupayakan  pendekatan dan pendidikan keselamatan kecelakaan kepada para pelajar agar lebih memahami tentang tertib berlalulintas.

Ditambahkan juga bahwa perilaku siswa juga harus dididik tentang risiko kecelakaan yang timbul bukan hanya bagi diri sendiri, bahkan dengan ugal-ugalan mengakibatkan nyawa pengendara lain terancam.

Sementara, Kepala SMA Negeri 5 Bintan,  Sunaryono,  mengaku bangga dengan penilaian tersebut. "Kita berharap terus dukungan dari semua pihak agar tertib lalu lintas di sekolah kami tetap terjaga dan bahkan meningkat. Untuk itu kami terus melakukan sosialisasi dan pendidikan tentang keselamatan lalu lintas kepada semua pihak disekolah. Salah satunya juga dengan membentuk tim Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang dididik langsung dari pihak kepolisian," ujarnya.

Sunaryono juga berharap disiplin yang saat ini terbentuk di sekolahnya mampu ditularkan ke sekolah lain. Karena dengan displin maka akan mampu membentuk karakter siswa yang unggul, baik dari segi pendidikan maupun kehidupan di lingkungannya. (*)

Editor: Dodo