Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasihan, Siswa Berprestasi Diacuhkan Pemerintah Kota Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 21-09-2013 | 12:58 WIB
Sekupang-20130909-00041.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Frea Pida Alfian, siswi kelas 12 SMA Negeri 1 Batam meraih medali perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi di Bandung.

BATAMTODAY.COM, Batam - Habis manis sepah dibiarkan. Walaupun tidak mirip dengan pepatah, tapi kalimat tersebut agaknya bisa menggambarkan nasib anak-anak cerdas di Indonesia, di Kepulauan Riau, bahkan di Kota Batam.


Meskipun telah mengharumkan nama Kota Batam di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi di Bandung beberapa waktu lalu, Frea Pida Alfian, belum sedikit pun dihargai. Siswi berprestasi dari SMA Negeri 1 Batam ini sama sekali belum tersentuh apresiasi dari pemerintah daerah.


"Kami bersama-sama telah membimbing siswa baik moril maupun materil. Dan hasilnya siswa kita itu menang dan mengharumkan nama Kota Batam," Muhamad Chaidir, Kepala SMAN 1 Batam, kepada BATAMTODAY.COM, hari ini.

Namun, seperti keluhan kepala-kepala sekolah di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki siswa berprestasi, apersiasi pemerintah daerah masih sangat minim. Bahkan, Dinas Pendidikan Kota Batam sendiri terkesan mengacuhkan.

Menurut dia, apresiasi bagi siswa yang berprestasi bukan berarti harus memberi "amplop", namun setidaknya bisa menunjukkan rasa bangga melalui ucapan selamat. Murah meriah tanpa menguras kantong APBD, dan siswa pun lebih termotivasi untuk lebih berprestasi.

"Kami juga maklum jika tidak ada anggaran (untuk memberikan apresiasi tersebut). Tapi seharusnya kepala dinas itu harus memberikan motivasi kepada siswa-siswi yang berprestasi di Batam," Chaidir. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, pun mengakui, saat ini belum ada anggaran yang tersedia untuk memberikan apresiasi kepada siswa-siswi berprestasi. Karena, Dinas Pendidikan sama sekali tak pernah mengusulkan.

"Bagaimana mau memberikan hadiah kepada siswa tersebut kalau anggarannya saja tidak ada yang jelas. Namun kita akan dukung sepenuhnya jika ada siswa yang berprestasi," ujarnya, beberapa hari lalu.

"Kita belum mengajukan anggaran untuk siswa yang berprestasi. Mungkin tahun depan akan kami anggarkan," imbuh Muslim.

Namun, imbuhnya, meskipun tidak ada penghargaan dari pemerintah daerah, Muslim berharap para siswa bisa mengharumkan nama Kota Batam melalui kegiatan positif. (*)

Editor: Dodo