Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Penduduk Meningkat, Batam Butuh 170 RKB Setiap Tahun
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 19-09-2013 | 16:13 WIB
Siswa-SD.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat setiap tahun berimbas pada dunia pendidikan, sebab berdasarkan analisa Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mencatat minimal pemerintah minimal harus menyediakan 170 ruang kelas baru (RKB).

"Mempersiapkan 170 RKB itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Kemampuan pemerintah hanya bisa menambah 40 hingga 50 RKB tiap tahunnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Muslim Bidin, Kamis (19/9/2013).

Untuk mengakomodir semua itu, lanjut Muslim, semua pihak yang terkait harus bekerjasama dan bekerja keras. Baik Pemko Batam, DPRD Batam dan BP Kawasan sebab tak hanya bisa dibebankan pada Disdik semata dalam permasalahan ini.

"Untuk masalah dana sepertinya tak ada kendala karena selalu didukung Pemko dan DPRD Batam," tegas Muslim.

Dijelaskannya, permasalahan antara peningkatan jumlah penduduk dan siswa baru disetiap penerimaan ajaran baru di Kota Batam sebenarnya bukan masalah serius. "Yang bermasalah yaitu pertumbuhan penduduk dan RKB, sehingga daya tampung membludak serta tak sesuai keinginan masyarakat," jelasnya.

Selain masalah lahan, faktor lain yang kurang mendukung dalam pengelolaan dan pengawasan RKB adalah faktor sumber daya manusia (SDM). Disdik Kota Batam saat ini sangat kekurangan tenaga teknis dalam menunjang semua ini. "Jika ada tambahan 10 orang tenaga teknis lagi, masalah RKB pasti tak akan ada masalah," kata dia.

Editor: Dodo