Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadisdik Batam Tegaskan, Kurikulum 2013 Tetap Jalan Meski Tak Ada Anggaran
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 18-09-2013 | 15:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Kurikulum 2013 tetap akan diterapkan di sekolah-sekolah yang ditunjuk di Batam meskipun anggaran untuk mendukung pelaksanaannya yang diusulkan belum tersedia. Hingga kini, anggaran untuk pelaksanaan kurikulum baru itu, termasuk pelatihan guru terkait Kurikulum 2013, masih dibahas bersama Komisi IV DPRD Kota Batam.


"Walaupun usulan anggaran itu ditolak Komisi IV, maka Kurikulum 2013 tetap berjalan meski hasilnya tak maksimal. Karena, sejumlah sekolah sudah menerapkan kurikulum baru tersebut," kata Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, hari ini.

Salah satu cara untuk menyiasatinya, imbuh Muslim, sekolah bisa memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Selain itu, Kota Batam sudah menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam pelaksanaan kurikulum baru.

"Mau bagaimanapun, Kurikulum 2013 tetap berjalan. Ini kan sudah intruksi dari Pusat untuk menerapkan kurikulum baru. Dan sampai saat ini kita masih berkordinasi dengan Pusat," ujarnya.

Muslim menyebutkan, anggaran yang dibutuhkan untuk pengadaan buku pelajaran sesuai kurikulum baru untuk semua jenjang sekolah sebesar Rp1,5 miliar. "Anggaran segitu pun hanya untuk satu kelas per sekolah. Selanjutnya sekolah menggandakan (fotokopi, red) buku," terangnya. (*)

Editor: Dodo