Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mobil Murah Suzuki Siap Tandingi Agya-Ayla di IIMS
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-09-2013 | 12:25 WIB
suzuki_wagon.jpg Honda-Batam
Suzuki Wagon R.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Seolah tak mau kalah dengan 3 pabrikan Jepang yang lebih dulu merilis mobil murah atau low cost green car (LCGC), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya sudah ancang-ancang mengeluarkan produk serupa. Cikal bakal mobil LCGC Suzuki bakal terpamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) mulai tanggal 19 September 2013 di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Menurut SIS, mobil LCGC yang dipamerkan di booth Suzuki adalah kandidat kuat untuk mengisi mobil murah di bawah harga Rp 100 juta. Namun belum dipastikan berapa varian yang akan dimunculkan pada IIMS mendatang, termasuk apakah mobil tersebut serupa dengan yang pernah di pajang di arena Pekan Raya Jakarta.

"Pada dasarnya Suzuki sudah siap dengan LCGC, tapi kalau belum keluar (aturannya) kami belum bisa apa-apa. Tapi kalau pemerintah sudah menerbitkan peraturan LCGC. Jadi tunggu saja tanggal mainnya," ujar Endro Nugroho, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales beberapa waktu lalu.

Dengan kehadiran kandidat kuat mobil LCGC Suzuki, maka produk sekelas yang lebih dulu meluncur, yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya, bakal menemui penantang baru di IIMS.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil yang disinyalir akan dicalonkan sebagai Suzuki LCGC adalah Alto dan sudah terdata dengan nama A-Star MT LXI. Namun rupanya pihak Suzuki Indonesia masih punya senjata lain, yakni Wagon R.

Gencarnya pemberitaan bahwa Alto atau A-Star akan menjadi calon mobil murah pabrikan Jepang ini memang lebih sering direspon negatif karena model yang kurang mengutamakan estetika.

Hal ini pula yang agaknya membuat Suzuki mengambil manuver jitu untuk melirik model lain yang sekiranya pas dengan regulasi LCGC.

Soal Wagon R, bentuk khasnya masih dekat dengan model Karimun yang dipasarkan di Tanah Air. Bentuknya yang mengotak memang cenderung lebih manis sekaligus lebih sporty ketimbang A-Star yang terlalu 'ringkih'.

Wagon R sendiri mulai dipasarkan di India pada pertengahan Januari lalu. Mesin yang dihadirkan berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder bertenaga 68 hp dengan torsi 90 Nm. Pastinya, syarat LCGC dekat dengan kesan murah di bawah Rp 100 juta.

Sumber: Otosia.com