Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beri Kemudahan Transaksi, PT Askes Gandeng Tiga Bank Pemerintah
Oleh : Redaksi
Senin | 09-09-2013 | 20:02 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Askes akan menggandeng tiga bank pemerintah untuk  memberikan layanan terbaik kepada  peserta khususnya dalam hal  kemudahan pembayaran iuran jaminan kesehatan nasional.

Tiga bank tersebut, antara lain Bank Mandiri, BRI, dan BNI, akan menjadi mitra PT Askes dalam transaksi mengembangkan transaksi virtual account, cash pooling, penerimaan iuran, pengumpulan iuran, dan pendaftaran peserta.

Direktur Keuangan PT Askes, Purnawarman Basundoro, mengatakan, pembenahan tersebut menyusul amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 dan penerapan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yang akan mentransformasi PT Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mulai 1 Januari 2014 mendatang.

"Pada kesempatan ini mewakili manajemen PT Askes kami menyampaikan perhargaan yang setinggi-tingginya kepada Mitra ketiga Perbankan yang telah menyiapkan kerjasama penerimaan iuran melalui channel perbankan yang akan kita uji cobakan hari ini," ujar Purnawarman, saat penandatanganan kerja sama di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, Senin. 

Pada deklarasi tersebut juga dilakukan uji coba penerimaan iuran melalui internet banking penerimaan, automatic teller machine (ATM) dan melalui teller. Selain kerja sama pembayaran melalui channels perbankan, kerja sama lain yang sedang dalam pembahasan adalah kerja sama pengumpulan iuran melalui sistem payment point online banking (PPOB)  dengan kendali ketiga bank tersebut.

Dia berharap, melalui kerja sama ini akan memberikan kemudahan kepada seluruh warga negara untuk mendaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan, sejalan dengan percepatan pencapaian visi BPJS Kesehatan yaitu cakupan peserta 2019, dimana seluruh warga negara menjadi peserta BPJS Kesehatan. (*)

Editor: Dodo