Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Angin Kencang dan Petir di Perairan Kepri
Oleh : Ali
Jum'at | 06-09-2013 | 18:51 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengeluarkan peringatan terkait prakiraan terjadinya angin kencang, gelombang tinggi di sekitar perairan Kepri dan awan hitam pekat yang terjadi secara tiba-tiba yang mengakibatkan hujan deras, petir, angin kencang dan berkemungkinan angin puting beliung.

"Peringatan dikeluarkan melihat dari pola angin berkumpul (Konvergen) di sekitar wilayah Kepulauan Riau menyebabkan adanya daerah perlambatan kecepatan angin, sehingga perlu diwaspadai," ujar Kepala BMKG Hang Nadim Batam Philip Mustamu melalui Kasi Data dan Informasi BMKG Batam Tri Agus kepada wartawan, Jumat (6/09/2013).

Dijelaskannya, warning  dikeluarkan melihat dari pola angin berkumpul (Konvergen) di sekitar wilayah Kepulauan Riau menyebabkan adanya daerah perlambatan kecepatan angin.

"Kondisi ini didukung dengan kelembaban udara yang tinggi, maka peluang pertumbuhan awan hitam pekat menjadi semakin besar," jelasnya.

Sementara, awan hitam pekat (Cumolunimbus) dapat menimbulkan angin kencang, ujan deras dan diserta petir yang mengakibatkan jarak padang menjadi terbatas untuk aktifitas dilaut serta angin yang kencang membuat gelombang laut menjadi tinggi.

Curah hujan sudah terjadi pada September, dan diperkirakan mengalami peningkatan hingga awal Desember dan Januari 2014 mendatang.

"Dari data yang kita miliki dalam kurung selama waktu 20 tahun,  curah hujan terjadi sejak September dan curah akan mengalkami peningkatan pada Desember hingga Januari," pungkasnya.

Editor: Dodo