Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buku Kurikulum Baru Belum Ada, Sekolah Terpaksa Memfotokopi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 26-08-2013 | 15:24 WIB
sma-negeri-4.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala SMA Negeri 4 Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerapan Kurikulum 2013 di Batam yang dimulai hari ini, ternyata belum didukung oleh ketersediaan sumber belajar, yakni buku. Sejumlah sekolah terpaksa berinisiatif untuk memfotokopi buku pembelajarannya.

Seperti yang dilakukan SMAN 4 Batam di Tiban Kampung. "Pagi tadi sudah difotokopi untuk pembelajaran hari pertama ini sehingga kegiatan belajar mengajar siswa-siswi tidak terbengkalai," ujar Tapi Winati, Kepala SMA Negeri 4 Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (26/8/2013).

Menurutnya, keputusan pemerintah belum jelas apakah buku kurikulum itu akan langsung didatangkan dari pusat atau tidak. Karena itu, pihak sekolah berinisiatif memfotokopi buku kurikulum itu.

"Kemarin saya sudah menanyakan ke Dinas Pendidikan Kota Batam untuk mencari kejelasan apakah buku tersebut disediakan pemerintah atau tidak dikarenakan pembelajaran sudah dimulai. Makanya kami meminta pendapat bagaimana kalau buku kurikulum yang baru difotokopi. Dan itu diperbolehkan namun tak diizinkan untuk diperjualbelikan," kata dia.

"Sudah difotokopi 20 eksemplar. Itu pun satu buku untuk dua siswa. Meskipun pembelajaranya tidak semaksimal mungkin, hal ini supaya  pembelajaran siswa tidak terbengkalai," imbuh Tapi. (*)

Editor: Dodo