Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Luncurkan Kapal Keruk Terbesar Ketiga di Dunia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 23-08-2013 | 17:41 WIB

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Malaysia meluncurkan kapal sedot dan keruk (trailing suction hopper dregger/TSHD) terbesar dan di dunia, bernama "Inai Kenanga", kemarin.

Bernama melaporkan, kapal keruk tersebut diluncurkan oleh Datin Seri Rosmah Mansor, istri Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Abdul Razak, di Pantai Aceh, di Pulau Indah.

"Ini benar-benar tak terpikirkan bahwa sebuah perusahaan lokal dapat menghasilkan kapal yang diakui sebagai yang terbesar di Asia dan terbesar ketiga di dunia. Apa yang kita pikir tidak mungkin bisa menjadi kenyataan dalam bentuk sebuah kapal besar, sebuah kapal yang bisa jadi kebanggaan kami, " kata Perdana Menteri Najib pada upacara tersebut.

Ini kapal keruk yang luar biasa, yang dapat mencapai kecepatan 17 knot dan memiliki kedalaman pengerukan hingga 45 meter, dibangun di dermaga Selat Melaka Shipbuilding Corporation Sdn Bhd (SMSCSB).

TSHD "Inai Kenanga" dirancang dengan kapasitas 32.000 metrik. Kapal keruk ini dilengkapi dengan mesin diesel ganda yang menggerakkan baling-baling, generator dan sistem pompa hisap. Dua mesin MAN 12V48/60B dengan rating daya dari 13,250 kW masing-masing digunakan sebagai mesin utama. (*)

Editor: Dodo