Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Jenazah WNI Korban Kapal Tenggelam Ditemukan
Oleh : Redaksi
Minggu | 04-08-2013 | 22:00 WIB
korban_kapal_pancung_malaysia.jpg Honda-Batam
Empat orang penumpang asal Indonesia yang berhasil diselamatkan nelayan lokal Malaysia. (foto Utusan)

JOHOR BAHARU, batamtoday - Tiga jenazah korban pompong yang tenggelam di perairan Tanjung Siang, dekat Kota Tinggi, Malaysia, tiga hari lalu, berhasil ditemukan. Ketiga jenazah yang terdiri dari dua perempuan dan satu orang laki-laki itu ditemukan di perairan Pulau Tinggi dan Pulau Besar, dekat Mersing


Ketua Pelaksana Daerah Maritim Tanjung Sedili, Komander Maritim Amran Daud, sebagaimana dikutip Bernama, Minggu (4/8/2013), mengatakan, Badan SAR Johor Baharu menginformasikan penemuan satu mayat oleh nelayan lokal pada pukul 10.15 pagi ini manakala dua mayat lagi oleh Pasukan Polis Marin (PPM) pada pukul 11 pagi.

Ketiga jenazah itu dibawa ke Jeti Mersing sebelum diantar ke Rumah Sakit Mersing untuk divisum.

Amran menambahkan, wilayah operasi pencarian dan penyelamatan pada hari ketiga ini diperluas sampai 15 mil laut ke utara, sampai di pulau-pulau resor di Mersing dengan melibatkan aset alut dan udara pengajga pantai, Polis Diraja Malaysia, Tentera Laut Diraja Malaysia dan Tentera Udara Diraja Malaysia.

"Faktor keadaan laut dan cuaca yang cerah pada hari ini banyak membantu tim penyelamat sehingga brhasil menemukan tiga jenazah korban itu," kata Amran.

Hingga Minggu siang, tim SAR Malaysia belum berhasil menemukan korban. Dipastikan, 37 korban masih hilang akibat peristiwa tersebut.

Pada tragedi Kamis pukul 10 malam itu, sebuah bot pancung (pompong) yang membawa kira-kira 44 warga negara Indonesia, sedang menuju perjalanan ke Pulau Batam yang kemudian akan mudik ke kampung halaman menggunakan kapal PT Pelni. Pompong itu terbalik akibat dihempas ombak, Kamis malam lalu.

Empat orang penumpang berhasil diselamatkan oleh sekelompok nelayan lokal dan penjaga pantai Malaysia. (*)

Editor: Dodo