Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Bea Cukai Tanjung Priok Tetap Operasi Penuh Selama Libur Lebaran
Oleh : Redaksi
Jum'at | 02-08-2013 | 17:40 WIB

JAKARTA, batamtoday - Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai (KPUBC) Tanjung Priok akan tetap beroperasi penuh selama libur lebaran. Pelayanan ini meliputi pemeriksaan barang dan pemrosesan dokumen, serta pengiriman barang.


"Pelayanan ini merupakan bagian dari kerangka pelayanan kepabeanan 24/7 (24 jam sehari dan 7 hari seminggu, red)," kata Mahendra Siregar, Wakil Menteri Keuangan II,  dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Dia menambahkan, pelayanan pemeriksaan barang akan dilakukan sampai pukul 23.00 Wib setiap hari kerja dan pelayanan 24/7 untuk pemrosesan dokumen dan pengiriman barang. 

"Pemindahan atau penarikan kontainer akan terus dilakukan pada hari-hari libur tersebut sehingga kondisi YOR (Yard Occupancy Ratio) diharapkan akan turun ke sekitar 50-60  persen," jelasnya.

Sebelumnya, Wamenkeu menyebutkan, proses pembongkaran muatan kontainer dan pemindahannya di Pelabuhan Tanjung Priok terganggu oleh kemacetan. Kondisi paling parah justru terjadi pada bagian dalam pelabuhan. 

"Dari proses pembongkaran barang sampai penimbunan kontainer, baik di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) YOR-nya tinggi, TPS ke TPS lain jalan dalam Priok macetnya minta ampun. Di sana mereka satu kilometer itu butuh 15 jam," katanya. (*)

Editor: Dodo