Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Susu Kedelai Memberi Rasa Kenyang Lebih Lama
Oleh : Dodo
Senin | 15-07-2013 | 11:55 WIB
susu_kedelai.jpg Honda-Batam
Susu kedelai.

JAKARTA - Konsumsi cairan bernutrisi sama pentingnya dengan makanan bernutrisi. Terutama saat berpuasa. Seperti sumber protein nabati berupa susu kedelai. Susu ini memberi sejumlah nutrisi penting dan menjaga tubuh terhidrasi.

Beragam jenis susu bisa dikonsumsi. Ada susu sapi, susu kacang kedelai atau juga susu kembing. Masing-masing memiliki manfaat dan kandungan nutrisi berbeda-beda. Susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, tak terkecuali saat menjalankan puasa. Pasalnya minuman bernutrisi ini akan memberikan energi tambahan.

Jenis susu sapi yang banyak dijual, paling sering dikonsumsi orang. Jika bosan atau mengalami alergi terhadap susu sapi, Andapun bisa menggantinya dengan susu kacang kedelai. Susu ini disebut juga dengan susu nabati karena terbuat dari kacang kedelai kuning yang digiling dan menghasilkan cairan berwarna putih kekuningan.

Susu kedelai juga baik diminum saat sahur. Karena mengandung protein, karbohidrat dan serat larut yang dapat meningkatkan jumlah energi harian. Sedangkan kandungan senyawa isoflavon di dalamnya dapat memperbaiki dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi.

Senyawa isoflavon juga bersifat sebagai anti-kanker. Yang dapat melindungi tubuh dari sel-sel kanker, seperti kanker rahim, kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan protein dan serat dalam susu kedelai, bermanfaat untuk mengatur kadar lukosa. Sehingga bisa mengendalikan diabetes selama berpuasa.

Bagi yang sedang menjaga berat badan saat berpuasa, susu kedelai bisa jadi pilihan pas. Karena kandungan seratnya bisa mengontrol rasa lapar berlebih. Berat badan akan cepat turun, selain itu rasa kenyang lebih lama ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah lapar saat berpuasa.

Sumber: food.detik.com