Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Asyik, Buku Pelajaran Kurikulum 2013 Ditanggung Pemerintah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 12-07-2013 | 11:31 WIB
Andi-Agung-disdik.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Andi Agung, Kabid Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota Batam akan menanggung pengadaan buku pelajaran untuk tiga mata pelajaran di sekolah menengah yang menerapkan kuriulum 2013. Anggaran buku pelajaran untuk siswa dan guru yang ditanggung Pemerintah Kota Batam itu antara lain untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, dan sejarah.

"Jika Kurikulum 2013 dilaksanakan, APBD Kota Batam akan menanggung pengadaan buku pelajaran. Tapi tidak semua, hanya tiga mata pelajaran saja yaitu bahasa Indonesia, matematika, dan sejarah," kata Andi Agung, Kabid Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Batam, kepada batamtoday, Jumat (12/7/2013).

Dia menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah akan menganggarkan pengadaan buku pelajaran di semua jenjang sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Untuk sementara ini, imbuh Agung, pemerintah pusat akan menanggung pengadaan buku di sekolah-sekolah tertentu, di antaranya di SMAN 1, SMAN 3, SMAN 8, SMKN 1, SMKN 2, SMK MHS.

Agung menambahkan, tiga sekolah yang ditanggung oleh pemerintah pusat kini guru-gurunya sudah diberikan pembekalan kurikulum 2013 di Pekanbaru. Hingga kini sosialisasi masih berlangsung.

"Tapi sesuai arahan kepala dinas, Kurikulum 2013 akan dilaksanakan serentak," pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, pengadaan buku untuk sekolah dasar ditanggung oleh APBN, sedangkan di tingkat sekolah menengah pertama dan atas akan ditanggung oleh Dana Alokasi Khusus (DAK). Kabupaten yang tidak memiliki DAK akan ditanggung oleh APBN. (*)

Editor : Dodo