Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Biaya Pendaftaran Sekolah Diambil dari Dana BOS
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 11-07-2013 | 18:30 WIB

BATAM, batamtoday - Adanya dana bantuan operasional sekolah (BOS) diakui meringankan beban orang tua. Dana  BOS dimanfaatkan biaya operasional sekolah, termasuk biaya pendaftaran calon siswa baru.

"Biaya pendaftaran penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2013/2014 tingkat SD dan SMP dibebankan kepada dana BOS. Dana BOS yang diterima sekolah sebesar Rp580 ribu per siswa di SD dan Rp710 ribu di jenjang SMP," ujar Rustam Efendi, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Batam.

Dia menegaskan, bagi setiap sekolah yang melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tidak boleh memungut uang pendaftaran, kecuali sekolah mengadakan pakaian seragam olahraga, serta atribut sekolah. Sedangkan untuk pakaian sekolah ditanggung orang tua murid.

"Orang tua murid hanya membeli seragam sekolah saja dengan harga Rp280 ribu untuk tiga item, yakni (seragam) merah putih, olahraga dan baju kurung melayu. Untuk buku sendiri itu digratiskan," kata dia.

Menurutnya Rustam, dana BOS akan dibagikan per triwulan dan ditransfer langsung ke rekening sekolah penerima. Namun ia tidak bisa menentukan tanggal pengirimannya.

"Saya harap semua murid bisa menikmati dana BOS," pungkasnya. (*)

Editor : Dodo