Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beli Blackberry Pakai Dolar Palsu, Sopir Taksi Dibekuk Polisi
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 08-07-2013 | 16:20 WIB
upal sopir taksi.jpg Honda-Batam
Tersangka HAsip alias Agus, pembeli Blackberry dengan menggunakan uang dolar Singapura palsu.

BATAM, batamtoday - Hasip alias Agus (31), sopir taksi yang biasa mangkal di terminal Jodoh terpaksa harus  mempertanggungjawabkan perbuatannya di Polsek Batuampar karena mengedarkan uang dolar Singapura palsu, Senin (8/7/2013).

Kejadian berawal pada Jumat (3/5/2013) silam sekitar pukul 19.00 WIB ketika pelaku mengantar korban Agus Ismail (40), dari Sekupang menuju Baloi, saat dalam perjalanan  korban mengaku hendak menjual handphone Blackberry 9800 miliknya ke Nagoya.

Pelaku lantas menawarkan diri ke korban untuk membeli handphone itu, dengan uang sebesar 1.000 dolar Singapura palsu pelaku akhirnya bertransaksi dengan korban dan sepakat harganya sebesar Rp 2 juta.

"Dia (pelaku, red) mengaku baru dapat rezeki uang dolar Singapura, dan itu digunakan untuk membeli ponsel Blackberry punya saya," kata korban kepada wartawan di Mapolsek Batuampar.

Masih kata korban, saat bertransaksi, pelaku memberikan uang seribu dolar Singapura, merasa nilainya besar, korban lantas menanyakan ke pelaku bagaimana mengembalikan sisa uangnnya.

Bahkan korban sempat menawarkan ke pelaku untuk menjamin sepeda motor dan BPKB miliknya untuk dijadikan jaminan, namun pelaku mengatakan pegang saja sisa uang sambil memberikan nomor ponsel untuk dihubungi korban bila sudah menukarkan uang tersebut.

"Pelaku hanya memberikan nomor ponselnya, dia bilang kalau uang sudah ditukar nanti hubungi dan janjian bertemu di Nagoya Hill," terang korban.

Betapa terkejutnya korban ketika mengetahui kalau uang dolar yang diterima dari pelaku adalah uang palsu saat ditukarkan di Money Changer, saat menghubungi ponsel pelaku nomor tersebut tak lagi bisa dihubungi.

Setelah kejadian, korban sempat sekali berjumpa dengan pelaku sekitar sebulan yang lalu di daerah Sei Panas bahkan sempat menghubungi polisi, namun saat sudah dikepung pelaku berhasil kabur melarikan diri.

Sampai akhirnya tadi siang, pelaku yang sudah menjadi buronan korban selama dua bulan ini terlihat di terminal Jodoh, tak mau kesempatan ini sia-sia, korban lantas menghubungi petugas Polsek Batuampar dan akhirnya berhasil membekuk pelaku.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Batuampar Iptu Sonny Wibisono ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut dan kasusnya masih dalam pengembangan.

"Pelaku ditangkap dalam kasus peredaran uang palsu, kasusnya masih lidik," kata Sonny.

Editor: Dodo