Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Buruh PT Sanyo Mukakuning Gelar Pemogokan Kerja
Oleh : Berton Siregar
Senin | 01-07-2013 | 17:21 WIB
buruh-sanyo-mogok.jpg Honda-Batam
Pemogokan kerja di PT Sanyo.

BATAM, batamtoday - Aktivitas PT Sanyo yang berada di Jalan Beringin Lot 11, kawasan Batamindo Mukakuning diyakini lumpuh total setelah ratusan buruh di perusahaan tersebut menggelar pemogokan kerja, Senin (1/7/2013).

Aksi mogok kerja itu digelar setelah buruh menilai status mereka di perusahaat tersebut tak jelas.

Catur Hary, anggota PUK Sanyo mengatakan bahwa sejak tahun 2011 hingga sekarang status perusahaan yang sudah mengganti nama menjadi Panasonic Energy Batam ini, namun nama Sanyo masih terpampang di gedung tersebut.

"Kami ingin manajemen memberikan kami penjelasan tentang nama perusahaan ini, karna kop surat, email, dan logo perusahaan ini sudah berubah nama menjadi panasonic, dan juga status kami karyawan bagaimana?" ujarnya.

Dia juga menambahkan apabila memang perusahaan ini sudah berganti nama, maka pihak buruh akan mengikuti undang undang yang berlaku.

Diketahui sejak 1 Januari 2011 lalu, para buruh perusahaan elektronik ini sudah melakukan perundingan. Namun hingga saat ini, manajemen hanya memberikan janji-janji untuk menyenangkan hati para buruh yang didominasi kaum perempuan.

"Kita tahu bahwa sanyo sudah tak ada di dunia, namun pihak perusahaan tetap diam," katanya.

Pantauan batamtoday, sejumlah spanduk di bentangkan di depan perusahaan ini seperti "pastikan status kami, Sanyo atau Panasonic, harga Mati",  yang dibubuhi tanda tangan para buruh ini.

Diketahui bahwa sejak Senin (24/6/2013) lalu, seluruh kegiatan atau aktivitas di gedung berlantai tiga ini sudah tidak ada, "kami akan melakukan mogok kerja ini sampai perusahaan menjawab apa tuntutan kami, soal lamanya kemungkinan sampai tiga bulan," kata Catur.

Sampai berita ini diunggah, para buruh ini masih berkumpul di tenda yang sudah dipasang di pagar halaman perusahaan tersebut.

Editor: Dodo