Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Status Dipermanenkan, Buruh PT Cladtec Demo Manajemen
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 27-06-2013 | 10:06 WIB
cladtek-demo.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Demo buruh PT Cladtek menuntut status permanen.

BATAM, batamtoday - Ratusan buruh PT Cladtec BI Metal Manufacturing, Batuampar menggelar unjuk rasa kepada manajemen menuntut status mereka dipermanenkan, Kamis (27/6/2013) sekitar pukul 9.00 WIB.

Selain itu, unjuk rasa ini merupakan aksi solidaritas karyawan atas PHK sepihak yang dilakukan manajemen terhadap Ketua PUK SPM Mandiri / Niba PT Cladtec, Deni Candra pada Rabu (26/6/2013) kemarin.

"Tuntutan utama unjuk rasa ini menuntut agar karyawan di PT Cladtec dipermanenkan," kata Deni kepada wartawan.

Menurut dia, dari sekitar 700 orang karyawan yang bekerja di PT Cladtec hanya 20 persen saja yang statusnya permanen, sedangkan sisanya berstatus karyawan kontrak.

"Pekerjaan di PT Cladtec berjalan terus-menerus, sehingga kami sebagai karyawan menuntut agar status dipermanenkan sesuai undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Masih kata Deni, manajemen juga banyak melakukan manipulasi kontrak karyawan, yang seharusnya korntrak diperpanjang sebanyak dua kali dengan jangka enam bulan, namun diganti secara sepihak.

"Kami meminta agar kutu busuk yang ada di manajemen, yakni Simon selaku HRD secepatnya dipecat," tegasnya.

PHK sepihak yang dilakukan tak hanya diberikan kepada Deni selaku ketua PUK, tetapi juga diberikan kepada sekretaris PUK PT Cladtec dan seorang supervisor.

Hingga berita ini diunggah, ratusan karyawan PT Cladtec masih menggelar unjuk rasa di depan pintu gerbang perusahaan dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Sat Shabara Polresta Barelang dan Polsek Batuampar.

Editor: Dodo