Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Empat Penyebab Sariawan
Oleh : Dodo
Selasa | 25-06-2013 | 12:02 WIB
sariawan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAM - Meski bukan golongan penyakit menular, sariawan yang merupakan gangguan rongga mulut sangat mengganggu. Terutama untuk urusan perut, karena otomatis menurunkan nafsu makan. Gangguan ini ternyata tak semata-mata disebabkan oleh minimnya vitamin C.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang langganan sariawan, coba pastikan apakah tubuh sudah mendapat asupan zat besi dengan cukup. Ya, kekurangan zat besi juga bisa memunculkan sariawan. Dilansir laman Boldsky, berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi.

Konsumsi obat

Tidak jarang sariawan justru muncul saat kita menggunakan obat kumur atau obat tetes untuk mulut. Beberapa jenis obat memang mengandung bahan yang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh, termasuk menghentikan penyerapan zat besi.

Diet

Tak sedikit pelaku diet mengabaikan asupan sehat, seperti kecukupan zat besi ini. Padahal kekurang zat besi akan menghambat aliran oksigen dalam tubuh. Hasilnya: tubuh mudah lelah, mual, dan sariawan. Untuk itu Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dalam menu diet.

Menstruasi

Meski angka kejadiannya terbilang sedikit, namun sariawan juga bisa muncul saat fase menstruasi. Penyebabnya: perubahan hormon tubuh yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kekurangan zat besi.

Anemia

Kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah ini merupakan bentuk ekstrem dari kekurangan zat besi. Tak hanya menyebabkan tubuh lemas, tapi juga menimbulkan kesakitan pada bagian ulkus mulut (luka di mulut) yang berulang.

Sumber: viva.co.id