Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyakit Gusi juga Bisa Akibatkan Stroke
Oleh : Tunggul Naibaho/GSBS
Jum'at | 08-04-2011 | 09:45 WIB

Batam, batamtoday - Apakah kaitan antara penyakit gusi dengan stroke? Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa penyakit gusi (periodontitis) membawa risiko yang lebih besar dibandingkan dengan diabetes untuk mengakibatkan stroke. Dan pengaruh penyakit gusi terhadap stroke ini hampir sama besarnya dengan pengaruh hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memang merupakan penyebab utama terjadinya stroke.

Beberapa tahun ke belakang, memang sudah berkembang bukti-bukti yang memperlihatkan kaitan antara penyakit gusi (periodontitis) dengan stroke. Dan kini, sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi memiliki risiko hampir dua kali lipat untuk mengalami non-fatal stroke (ischemic stroke) dibanding orang dengan penyakit diabetes.

Penelitian yang dipresentasikan di ajang 89th International Association for Dental Research (IADR) General Session and Exhibition di San Diego bulan lalu ini, merupakan peringatan mengenai seriusnya pengaruh kesehatan mulut yang buruk terhadap kesehatan tubuh secara umum.

Dr Nigel Carter, chief executive dari British Dental Health Foundation, mengatakan, obesitas, penyalahgunaan alkohol, pola makan yang buruk dan merokok secara umum telah dikenal sebagai faktor risiko yang dapat menyebabkan stroke. Namun tidak banyak diketahui kalau penyakit gusi juga dapat menyebabkan stroke.

Dia menambahkan bahwa penelitian ini sangat penting karena membantu mengukur pentingnya kesehatan mulut dan membandingkannya dengan faktor risiko yang lain. Penelitian ini juga mengejutkan, katanya.

Karena dengan diketahuinya penyakit gusi memiliki risiko yang sama dengan hipertensi merupakan suatu penemuan yang sangat signifikan. Dan dengan ditemukannya bahwa penyakit gusi memiliki risiko dua kali lipat dalam mengakibatkan non-fatal stroke dibandingkan dengan diabetes, benar-benar diluar dugaan para ahli.