Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tergiur Kamera Murah, Pengacara Jakarta Ditipu Warga Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 15-06-2013 | 16:57 WIB

BATAM, batamtoday - Cetar Membahana (27), nama samaran seorang pengacara di Kantor Hukum Manggala Wanabakti Jakarta Timur menjadi salah satu korban penipuan iklan penjualan barang elektronik SLR 60 D melalui akun facebook warga Batam.

Kejadian ini berawal saat pengacara muda itu tergiur membeli kamera tipe SLR Canon 60 D yang ditawarkan seorang perempuan cantik bernama Venny dalam iklan jejaring sosial itu, Venny menggunakan alamat http://www.facebook.com/venny.oktarianti.

"Sesuai kesepakatan 4 Mei lalu saya harus membayar Rp 4 juta untuk harga barang dan ongkos kirim Rp 427 ribu kata dia, barang berada di Batam," ujar Cetar, Sabtu (15/06/2013).

Saking tertariknya ingin mempunyai kamera tersebut, pada 5 Mei 2013 Cetar mentransfer sejumlah uang sesuai yang diajukan Venny ke Bank Mandiri dengan nomor rekening yang diberikan yakni 0612416816 atas nama Yunaldi Trifantika Rochim. Selain itu Venny juga memberikan nomor ponselnya yakni 089696813022.

"Saya transfer ke Bank Mandiri yang kata Venny itu nomor rekening pacarnya yang bekerja di Distro Skate Elemen NT di Mega Mall Batam. Tapi apakah fiktif atau tidak saya kurang tahu," pungkasnya

Venny berjanji akan mengirimkan camera sentelah uang transaksi diterima amun barang yang sudah dibayar Cetar tersebut hingga berita ini diturunkan tak juga ia lihat wujud aslinya.

"Dia bilang barang sudah dikirim sama pacarnya tapi waktu saya minta resi pengiriman dan no JNE tidak kasih dia saya suruh Venny cek ke pacarnya kenapa barang belum juga tiba Saya sangat terkejut, ternyata kamera belum dikirim sama sekali tanpa alasan yang jelas," ujar Cetar.

Kecurigaannya semakin menjadi ketika Venny menawarkan kamera pengganti namun Cetar terlebih dahulu harus membayar sejumlah uang sebesar Rp600 ribu. Terlebih, pada saat itu Venny malah meminjam unag Cetar.

"Saya sudah menaruh curiga dengan dia makanya saya nggak pinjamin uang bahkan saya juga membatalkan kesepakatan," kata dia

Sesuai kesepakatan Venny berjanji akan mengembalikan uang Cetar senilai Rp 4,427 juta dengan cara mencicil. Namun sejak 20 Mei lalu hingga saat ini, semua komunikasi baik melalui akun facebook maupun telepon terputus.

"Saya kirim pesan ke alamat facebooknya nggak dibalas nomor handphone yang dikasih udah nggak aktif lagi," katanya.

Kini status update facebook Venny terakhir tanggal 18 Mei lalu berisi kalimat  Jantung berdebar-debar gini kalau ada problem Help me ya Allah. Pada 16 Mei lalu Venny juga masih menawarkan pembelian kamera Canon 100 D fullset seharga Rp 2 juta dan harga bisa dinego.

Editor: Dodo