Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadikan Sup Menu Utama Saat Diet
Oleh : Dodo
Jum'at | 14-06-2013 | 11:10 WIB

BATAM -  Masalah yang selalu muncul saat ingin menurunkan berat badan adalah ketika rasa lapar datang dan kita mencari makanan kaya lemak. Mulai dari donat, ayam goreng, kentang goreng, burger hingga cemilan manis.

Daripada makanan tersebut membuat diet Anda gagal total, cari saja semangkuk sup hangat. Menurut Tim Crow, ahli gizi dan peneliti di Deakin University, sup merupakan sajian efektif untuk memenuhi kenginan menikmati makanan dan membuat kenyang lebih lama.

"Sebagian besar kita, makan karena kebutuhan untuk merasa kenyang dan puas," ujar Crow, dikutip dari Health Me Up.

Kenyang adalah istilah yang digunakan karena hasrat kita pada makanan tertentu atau kebutuhan untuk merasa puas. Apa yang mendorong rasa kenyang adalah campuran kompleks dari faktor psikologis dan fisiologis. Termasuk kondisi fisik, seperti peregangan lambung, usus kecil, serta pelepasan hormon yang jadi umpan balik ke otak untuk memberitahu rasa kenyang.

Salah satu cara untuk mengontrolnya adalah memilih makanan yang memiliki kepadatan energi rendah seperti sajian sup. Itu karena, sup membantu mengontrol rasa kenyang. Crow mengatakan, sup terdiri dari sejumlah besar nutrisi.

Partikel makanan dalam sup memperlambat pelepasan hormon. Sehingga, memberikan perasaan kenyang lebih lama, mengurangi kemungkinan makan berlebihan, dan membantu menurunkan berat badan. Isian sup biasanya terdiri dari kentang (karbohidrat), buncis (serat), wortel (vitamin), irisan ayam atau daging (protein). Dengan kuah sup yang hangat, sangat baik untuk pencernaan dan diet Anda.

Sumber: viva.co.id